Menjaga Persatuan



Allah SWT memerintahkan kaum Muslimin untuk bersatu menjadi umat yang kuat secara akidah dan berhubungan kemanusiaan atas dasar saling tolong menolong, bekerjasama dalam kebajikan dan menjauhkan diri dari meninggalkan agama Allah (QS. Ali Imran: 103).

Persatuan tersebut didasari oleh sikap persaudaraan dan saling mencintai sesama muslim. "Sungguh, orang-orang mukmin itu bersaudara." (QS. Al-Hujurat: 10).

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Kamu sekalian tidak akan masuk surga, sehingga (kamu) beriman, dan kamu sekalian tidak beriman hingga saling mencintai." (HR. Muslim).

Atas dasar pemikiran tersebut, Allah SWT menetapkan beberapa syariat yang menjadi wahana kaum Muslimin bersatu dan bekerjasama, semisal kewajiban shalat Jumat, ibadah haji, dua shalat sunah hari raya dan sunahnya shalat berjamaah.

Hal tersebut antara lain karena di dalam persatuan terdapat kekuatan dan kemuliaan. Sedangkan di dalam perpecahan dan persengketaan tersimpan kerapuhan dan kehinaan. Melalui kemuliaan, kebenaran akan menempati posisi tinggi di dunia dan melalui kekuatan, kebenaran akan terjaga dari ancaman para perusak dan tipu daya para penipu.

Allah SWT juga mencintai orang-orang beriman yang berjuang di jalan-Nya dalam satu kesatuan barisan, satu pemikiran dan ketetapan hati yang sama, di mana jiwa mereka tidak terkena perselisihan dan barisan mereka tidak tersentuh oleh benturan (QS. As-Shaff: 4).

Rasulullah SAW sendiri sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim bersabda, "Orang beriman, yang satu dengan lainnya seperti bangunan yang saling menguatkan satu sama lain."

Dalam riwayat lain, "Perumpamaan orang-orang yang beriman di dalam sikap saling mencintai, lemah lembut dan kasih sayangnya bagaikan satu anggota badan, apabila satu dari anggotanya menderita sakit, maka anggota yang lain merasakan (pula) sakit dan demam." (HR. Bukhari-Muslim)

Sedemikian pentingnya menjaga persatuan, Rasulullah SAW telah memperingatkan kaum Muslimin akan bahaya perpecahan dan perselisihan serta menjelaskan akibat dari keduanya, yang berupa kerusakan dan kehancuran. "Janganlah kalian berselisih, karena orang-orang yang berselisih sebelum kamu nyata-nyata telah mengalami kehancuran."

Di lain pihak, Alah SWT mewajibkan kaum Muslimin untuk segera mencari jalan keluar jika terdapat perselisihan di antara mereka agar keburukan yang terdapat di dalamnya tidak tersebar luas. Allah SWT berfirman, "Dan apabila dua golongan orang mukmin berperang, maka damaikanlah di antara keduanya." (QS. Al-Hujurat: 9).

Dalam konteks tersebut, Allah SWT mengisyaratkan agar kaum Muslimin menjadikan takwa sebagai pegangan utama, sehingga rahmat Allah sampai kepada mereka, karena mereka adalah orang-orang yang gemar berbuat kebajikan (QS. Al-Hujurat: 10).

Kaum Muslimin tidak boleh membiarkan saudaranya berada dalam perselisihan, karena sebagai orang yang beriman tidak akan sempurna keimanannya kecuali ia dapat mencintai saudara seimannya sebagaimana mencintai dirinya sendiri.

Membiarkan perselisihan tanpa upaya menyelesaikannya akan menghasilkan keburukan dan akibat yang fatal  bukan saja bagi mereka yang berselisih, melainkan juga bagi seluruh umat Islam.

Orang-orang beriman juga tidak boleh menyepelekan perkara yang tampak sederhana dan tidak penting dalam pandangan mereka, karena peperangan dimulai dengan kata-kata dan besarnya api bermula dari percikan kecil.

Demikianlah pentingnya memelihara persatuan dan kesatuan sehingga ia harus menjadi perhatian bersama kaum Muslimin sebab merupakan salah satu kewajiban di antara berbagai kewajiban lainnya. Wallahu a'lam.
   
Muhammad Hariyadi

28 komentar:

  1. Marvineta T.N.A /21 / X MIA G

    Menurut saya, pelestarian persatuan sangat penting. Oleh karena itu, kita harus menjaga persatuan supaya kita dapat meninggalkan kata 'perselisihan' diantara para umat. Karena perselisihan sesama umat adalah hal yang berbahaya bagi kita. Karena, sebagai orang yang beriman kita tidak akan menyempurnakan iman kita, kecuali jika kita dapat mencintai saudara kita sama seperti kita mencintai diri kita sendiri. Maka dari itu, kita harus menjaga persatuan sesamat umat supaya dapat menambah erat ikatan persaudaraan dan dapat menghilangkan segala perselisihan yang ada.

    Terimakasih. Maaf kalau salah..

    BalasHapus
  2. Sekar Asti F P/ X MIA G/ 34
    Setelah saya baca artikel diatas, menurut saya janganlah melakukan perbuatan yang menghancurkan persatuan atas agama yang telah diajarkan. Jika ada salah satu seorang yang berselisih terhadap saudaranya sendiri maka damaikanlah mereka. Dan janganlah menjelek-jelekan agama lain, itu akan merusak tali persaudaraan umat muslim dengan umat non muslim lainnya. Lakukanlah sikap saling tolong menolomg terhadap umat muslim ataupun umat non muslim. Karena itu akan menjadikan tali persaudaraan yang erat dan tidak terjadi perpecahan diantara umat muslim dan umat non muslim.

    Sekian, jika ada kata-kata yang tidak tepat mohon di maafkan. Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Putri Wulan R/30/X MIA G
    Setelah saya membaca artikel di atas saya menjadi semakin paham bahwa menjaga persatuan itu sangat penting. Kita harus selalu menjaga persatuan dan jangan sampai ada perselisihan. Apabila sampai ada perselisihan maka selesaikan dengan baik. Jangan pernah menyelesaikan masalah dengan keadaan marah karena masalah tidak akan pernah terselesaikan yg ada malah semakin membesar. Biasanya perselisihan terjadi karena perbedaan pendapat. Maka kita harus memiliki rasa toleransi, bila kita berbeda pendapat kita bisa membicarakannya baik-baik. Dalam bermusyawarah juga jangan pernah memaksakan pendapat pribadi. Maka kita harus menjaga persatuan dengan mempererat tali persaudaraan dan menghilangkan sifat individual.
    Sekian dari saya, terimakassih

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. X MIA G/ 04
    Setelah saya membaca artikel di atas kesimpulan menurut saya adalah menjaga persatuan itu sangat penting. Kita harus selalu menjaga persatuan dan jangan sampai ada "perselisihan". Karena jika sampai ada perselisihan maka akan menghancurkan persatuan.jika ada perselisihan sebaiknya kita selesaikan secara baik-baik. Jangan sampai menyelesaikan masalah dengan keadaan marah, masalah itu tidak akan pernah selesai namun akan menjadi lebih besar masalahnya sebaiknya kita mencintai terhadap sesama dan tidak membedakan. Dari itulah kita harus menjaga persatuan dengan mempererat tali persaudaraan dan menghilangkan rasa perselisihan serta memaafkan sesama.

    Mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak tepat dan kurang mengenakan. Terimakasih

    BalasHapus
  6. Muhamad Rivan / X MIA G / 22

    Setelah saya membaca artikel tersebut, saya berpendapat bahwa persatuan dan kesatuan itu penting karena itu merupakan wujud dari persaudaraan. Jika persatuan itu erat maka persaudaraan nya pun erat. Untuk itu kita harus menjauhi kata 'perselisihan' antar sesama umat dengan cara jika ada masalah selesai kan baik baik tanpa harus dengan emosi, jika dengan emosi yang ada keributan. Hindari kata perselisihan dengan mempererat tali persaudaraan. Menurut saya perselisihan akan mengakibatkan kehancuran dan persatuan akan meningkat kesuksesan

    Berikut pendapat saya,mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan. Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Ssabella Ema Almaeda /32 /X MIA G

    Dari teks di atas dapat saya pahami jika semua mahluk Allah adalah saudata, makas dari itu kita tidak boleh pecah atau pun sampai ada permusuhan. Karna semua perselisikan dapat mengakinatkan perpecahan. Seharusnya kita memepererat tali pesaudaraan, dengan cara tersebit dapat mendekatkan kota dengan orang lain, dapat menamah pengalaman dan menumbuhakn pedatuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. Mohon maaf jika ada kekurangan

      Hapus
  8. Nabilah 27/X MIA G
    Setelah saya membaca artikel diatas, saya berpendapat bahwa persatuan sangat penting untuk membangun rasa persaudaraan. Persatuan akan mempererat tali persaudaraan kita dengan sesama apalagi hal ini juga bisa menjadi ajang untuk bersilaturahmi. Selain itu penting untuk memisahkan saudara kita yang sedang berselisih, kita harus mengambil tindakan namun tidak terkesan memihak salah satu pihak, kita harus adil dan harus saling menjaga perasaan satu sama lain. Karena mungkin saja hanya dengan satu kata yang kita ucapkan kepada seseorang, seseorang tersebut akan tersinggung atau sakit hati. Oleh karena itu kita harus saling menjaga persatuan apalagi bagi sesama kaum muslim.

    Sekian pendapat dari saya mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  9. Nova Hidayanto X MIA G/29
    Setelah saya membaca artikel di atas ,saya berendapat bahwa menjaga persatuan itu sangat penting ,karena tanpa persatuan sesuatu itu tidak akan berdiri tanpa persatuan ,serta apabila ada masalah itu kita memisahkan bukan dengan cara kasar, namun dengan cara yang adil.Cara menjaga persatuan salah satunya adalah dengan bersilahturahmi dengan sesama.tanpa memebeda-bedakan agama . dan apabila ada masalah yang cukup besar, caranya adalah dengan musyawarah supaya menjaga persatuan . Cara itulah yang paling tepat karena mempunyai arti tidak memihak kepada seseorang. Sekian pendapat saya apabila ada kekurangan, saya mohon maaf, Sekian terimakasih

    BalasHapus
  10. XMIA G/ 13

    Setelah saya membaca artikel dj atas, saya mengetahui jika persatuan sangatlah penting dalam kehidupan umat. Jadi jangan lah kita memecah persatuan dengan mengadu domba atau menjatuhkan orang lain. Sebagaimana mestinya jika di dunia tidak ada persatuan pasti setiap hari akan berselisih, saling mengejek, dll. Patut lah kita menjaga persatuan agama, bangsa, dan negara, karna karna adanya persatuan semua akan merasa nyaman.
    Terima kasih

    BalasHapus
  11. Azizah Fitrianti / X MIA G / 12
    Sebelumnya saya minta maaf, apabila dalam berkomentar terdapat kata kaa yang kurang berkenan dihati.
    Sebagai penganut agama Islam, kita seharusnya mencontoh Nabi Muhammad SAW, bhwasannya beliau selalu memperingatkan kaumnya pada saat itu untuk tetap bersatu, karena akan bahaya apabila perpecahan dan perselisihan terjadi maka akan mengakibatkan kerusakan dan kehancuran. Itu semua tak henti henti diingatkan oleh Nabi, demi mempertahankan kesatuan umatnya, dan mengharap agar tidak terjadi perselisihan.
    Untuk era saat ini, agama sangat penting bagi kehidupan. Terutama bagi kaum muslim, diwajibkan untuk segera mencari jalan keluar jika memiliki perselisihan. Mengapa diwajibkan? Yaa karena menurut saya sendiri, kita sesama muslim jangan sampai membuat perselisihan atau celah dalam persaudaraan. Karena apabila hal itu terjadi, maka akan mengakibatkan runtuhnya kerjasama dan kekompakan yang dari dulu memang sudah ada, lagipula...Allah SWT berfirman, "Dan apabila dua golongan orang mukmin berperang, maka damaikanlah di antara keduanya." (QS. Al-Hujurat: 9).
    Sekian, terimakasih. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, aamiin :))

    BalasHapus
  12. Annisa Nadya R / 08 / X MIA G

    Setela saya membaca artikel di atas, menurut saya dengan persatuan dapat menambah kekuatan, persaudaraan, dan kemuliaan. Dengan bersatu, tidak aka nada perselisihan di mana - mana. Perselisihan biasanya terjadi karena pihak satu tidak ingin pendapat dari pihak lain, sehingga menimbulkan amarah, dendam, dan lebih parahnya lagi peperangan. Oleh karena itu, kita harus memiliki rasa persatuan dan persaudaraan supaya tidak ada perselisihan

    Sekian komentar dari saya, apa bila ada kata yang kurang tepat, saya minta maaf. Terima kasih.

    BalasHapus
  13. Najmi M Fahreza
    X MIA G
    28

    Menjaga persatuan sangatlah penting sekali dengan adanya persatuan sebuah negara ataupun kelompok akan menjadi aman dan damai.Jika ada perpecahan maka akan menjadikan sebuah kelompok menjadi hancur dan juga rusak.
    Selesaikan masalah dengan cara bermusyawarah dengan baik maka akan membangun persatuan yang damai

    BalasHapus
  14. Muhammad Yusuf Syaifuddin/25/X MIA G
    Setelah saya membaca artikel diatas izinkan saya berkomentar...
    Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh
    Sebagai umat Islam dan juga warga negara Indonesia tidak boleh membiarkan saudara sebangsanya berada dalam perselisihan 
    Membiarkan perselisihan tanpa upaya menyelesaikannya akan menghasilkan keburukan dan akibat yang fatal  bukan saja bagi mereka yang berselisih, melainkan juga bagi seluruh warga Indonesia
    Orang-orang bernegara juga tidak boleh menyepelekan perkara yang tampak sederhana dan tidak penting dalam pandangan mereka, karena peperangan dimulai dengan kata-kata dan besarnya api bermula dari percikan kecil. 
    Demikianlah pentingnya memelihara persatuan dan kesatuan sehingga ia harus menjadi perhatian wargaIndonesia sebab merupakan salah satu kewajiban di antara berbagai kewajiban lainnya.Kurang lebihnya mohon maaf.Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  15. X IIS A / 07
    Setelah saya membaca artikel diatas, dapat saya simpulkan bahwa menjaga persatuan diantara kaum Muslim maupun non muslim merupakan hal yang wajib dilakukan. Oleh karena nya kita harus menjaga persatuan diantara kita dengan tidak memandang agama, suku dan budaya yang ada. Jika kita menjaga persatuan maka persaudaraan kita pun juga kuat, sehingga dapat menjauhkan kita dari perselisihan yang akan membuat kita terpecah belah. Sekian yang dapat saya sampai kan, terimakasih.

    BalasHapus
  16. Bagas Permana Nugroho
    X IIS A
    08
    Dari bacaan diatas yang dapat saya simpulkan adalah bahwa menjaga persatuan merupakan hal yang wajib dilakukan setiap manusia baik muda ataupun tua. Salah satu caranya yaitu tidak berprasangka buruk kepada orang lain. Jangan sampai karena adanya prasangka buruk kepada orang lain persatuan di antara manusia hancur. Sekian yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam penulisan atau tutur kata saya mohon maaf.

    BalasHapus
  17. Ade Lia Pratiwi/02/X MIA G

    Dari artikel di atas, menurut pendapat saya :
    Saat ini rasa persaudaraan (ukhuwah) dan persatuan menjadi sesuatu yang sangat mahal. Hanya karena mengejar kepentingan pribadi atau golongan seringkali persatuan dan persaudaraan disisihkan atau bahkan tidak digubris sama sekali. Umat islam semakin mundur dan terpuruk karena perselisihan dan perpecahan diantara mereka sendiri. Padahal Islam memerintahkan umatnya untuk bersatu dan tolong-menolong kebaikan.
    Disisi lain, sebagian orang memahami dan menerapkan persatuan dengan cara yang salah. Berdalih “menjaga persatuan” mereka meninggalkan amar ma’ruf nahi munkar. Berdalih “menghidari perpecahan” mereka tidak mau mengatakan yang haq dan mendiamkan sesuatu yang batil. Tentu hal ini tidak benar. Tidak mungkin akan tercapai persatuan dan pesaudaraan yang hakiki dengan cara seperti ini.
    Pentingnya Persatuan dan Persaudaran diatas Islam.
    Banyak sekali dalil-dalil baik dari Al Qur’an yang memerintahkan umat Islam untuk bersatu, menjaga persaudaraan dan juga bekerjasama dalam kebaikan. Diantaranya firman Allah ta’ala:
    “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan ni’mat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena ni’mat Allah, orang-orang yang bersaudara. dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. Ali Imran: 103)
    Allah juga berfirman,“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS Al Hujurat: 10)
    “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.” (QS Al-Maidah: 2)
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,
    “Perumpamaan kaum mukminin dalam hal kecintaan, rahmat dan perasaan di antara mereka adalah bagai satu jasad. Kalau salah satu bagian darinya merintih kesakitan, maka seluruh bagian jasad akan ikut merasakannya dengan tidak bisa tidur dan demam” [HR Muslim (2586)]......(lanjutannya di bawahnya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. (Lanjutannya)

      Sebab-Sebab Persatuan:
      Kembali kepada Agama yang benar (Islam) dan Mentauhidkan Allah
      Manusia banyak berselisih dan berpecah karena perbedaan aqidah dan ideologi yang mereka miliki. Oleh karena itu sebab terbesar untuk menyatukan manusia adalah persatuan aqidah dan ideologi. Hanya dengan kembali pada agama yang benar yaitu Islam dan mentauhidkan Allah persatuan yang hakiki akan tercapai. Allah lah satu-satunya Dzat yang menciptakan, maka hanya dia yang berhak disembah.
      Kembali pada al Qur’an dan Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus salih
      Salah satu sebab persatuan yang paling kuat adalah kembali kepada Al Qur’an dan Sunnah sesuai pemahaman salafus shalih. Andaikata seluruh kaum muslimin kembali pada al Qur’an dan Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus salih niscaya mereka akan bersatu. Jauhi pemikiran-pemikiran yang menyimpang dan juga jauhi taqlid buta pada madzab tertentu karena itulah yang menyebabkan perpecahan kaum muslimin. Hadits Irbath Bin Sariyah: “Aku wasiatkan kepada kamu untuk bertakwa kepada Allah; mendengar dan taat (kepada penguasa kaum muslimin), walaupun seorang budak Habsyi. Karena sesungguhnya, barangsiapa hidup setelahku, dia akan melihat perselishan yang banyak. Maka wajib bagi kamu berpegang kepada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dan lurus. Peganglah dan gigitlah dengan gigi geraham. Jauhilah semua perkara baru (dalam agama). Karena semua perkara baru (dalam agama) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat.” (HR. Abu Dawud no: 4607)
      Taat Pada Allah, RasulNya dan penguasa kaum muslimin
      Taat pada Allah, RasulNya dan juga pada penguasa kaum muslimin adalah salah-satu sebab persatuan yang penting. Ironis jika sebagian kaum muslimin lebih taat pada pemimpin-pemimpin kelompoknya dari pada taat kepada Allah, RasulNya dan penguasa tertinggi kaum muslimin. Padahal Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (QS Nisa’: 59).Lapang-dada dalam masalah-masalah khilaf
      Manusia tidak terlepas dari perbedaan pendapat. Hendaknya berlapang dada dalam masalah-masalah ijtihadiyah (yang memungkinkan perbedaan pendapat). Tidak boleh merasa paling benar dan memaksakan pendapat karena itu adalah salah satu sebab perselisihan.
      Menasehati penguasa dan kaum muslimin secara umum
      Nasehat yang baik bagi penguasa dan juga kaum muslimin secara umum sangat penting. Jangan sampai acuh dengan kondisi kaum muslimin dan penguasanya dengan membiarkan mereka terjatuh dalam kesalahan dan kemasiatan. Namun, hendaknya nasehat disampaikan dengan cara-cara yang baik, dengan cara yang benarkan oleh syariat dan juga sesuai aturan yang berlaku. Jangan sekedar mencela atau memakai cara-cara yang tidak benar...(lanjutannya di bawah)

      Hapus
    2. (lanjutannya)
      Sebab-sebab perpecahan serta solusi mengatasinya.
      Salah satu sebab perpecahan yang paling utama adalah kurangnya ilmu dan jauh dari tuntunan agama. Kaum muslimin perlu banyak belajar tentang agamanya dan berusaha untuk mengikuti tuntunan syariat. Perlu digencarkan dakwah pada agama yang benar.
      Bangga dengan golongan masing-masing. Allah berfirman,
      “Yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka.” (QS Ar Rum: 32)
      Padahal kalau kita renungi, Allah menciptakan manusia dari satu tubuh yaitu Nabi Adam ‘alaihissalam. Kemudian Allah jadikan berbagai suku dan bangsa dengan berbagai karakter dan sifatnya masing-masing. Hendaknya setiap individu memahami perbedaan yang ada dan berusaha saling melengkapi. Bukan berbangga-bangga dengan suku, bangsa atau golongannya masing-masing. Allah berfirman,
      “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS Al Hujurat: 13)
      Suka berdebat dan berselisih
      Allah berfirman, “Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS Al-Anfaal : 46). Perlu dihidupkan budaya saling menasehati dan berdiskusi baik dalam urusan agama atau yang lainnya. Hindari perdebatan dan suka berselisih.
      Adanya kedengkian dan kedzaliman
      Kezhaliman dan kedengkian diantara mereka sehingga mereka saling bunuh dan berpecah belah. Sebagaimana difirmankan Allah: “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya”. (QS. Al Imran: 19)
      Makar dari musuh-musuh Islam
      Tidak diragukan lagi bahwa musuh-musuh Islam baik dari orang-orang munafiq maupun orang kufar senantiasa berusaha memecahkan persatuan kaum muslimini. Mereka membuat berbagai usaha dan makar untuk mencapai tujuan tersebut. Kaum muslimin harus menyadari hal ini dan hendaknya berusaha memperkokoh persatuan diatara mereka.

      Sekian, bila ada kesalahan mohon maaf. Semoga Allah menyatukan hati-hati kaum muslimin. Amien.

      Hapus
  18. aaron dias amaras
    X IIS A/01

    menurut artikel di atas yang saya baca, pendapat saya tentang menjaga persatuan adalah sangat penting bagi umat muslim. persatuan dapat mempererat tali persaudaraan, dengan adanya persatuan, tidak akan terjadi perselisihan dan permusuhan. jika terjadi perselisihan atau masalah, jangan pecahkan masalah tersebut dengan cara yang tidak baik atau kasar, tapi selesai kan masalah tersebut dengan cara yang baik dan adil. maka dari itu, sesama muslim harus menjaga persatuan satu sama lain. dengan adanya persatuan, akan menciptakan keadaan yang rukun dan damai, dan juga akan terhindar dari berbagai perselisihan. oleh karena itu, persatuan antar sesama muslim harus selalu kita jaga, bukan hanya persatuan tapi tali persaudaraan harus juga tetap dijaga

    sekian pendapat dari saya, maaf jika ada kesalahan kata
    terima kasih

    BalasHapus
  19. Sekar septianingtyas
    X IIS A/30

    pendapat saya setelah membaca artikel ini yaitu, menjaga persatuan dan kesatuan itu sangatlah penting karena persatuan dan kesatuan merupakan kunci kekuatan dalam hal silaturahmi antar umat islam. Saya juga sudah banyak membaca ayat atau hadits yang menjelaskan betapa pentingnya persatuan antara umat muslim,salah satunya hadits yang ada di artikel tersebut yaitu"Orang beriman itu seperti bangunan satu dengan lainnya saling menguatkan antara muslim lainnya". intinya simpulan : sesama muslim harus saling menjaga persatuan dan kesatuan , jika tidak islam akan hancur tidak hanya Islam di Indonesia tetapi seluruh dunia

    Sekian maaf bila ada kesalahan kata, terima kasih ^^

    BalasHapus
  20. X IIS A / 11
    ASSALAMU'ALAIKUM WR WB
    Menurut pendapat saya setelah membaca artikel diatas , memang sudah seharusnya kita sebagai makhluk sosial dengan senantiasa membantu dan menolong sesama. Berbeda kepercayaan bukan penghalang seorang makhluk sosial untuk membantu sesama , justru karena kita berbeda kepercayaan kita harus bisa menunjukan rasa simpati, empati dan saling menghargai. Dan bagaimana jika ada saudara atau taman kita yang sedang memiliki masalah atau berseteru ? Itu memang sudah tugas kita untuk memisahkan dan menyudahkan permasalahan mereka menggunakan cara apapun , bukan memisahkan dalam arti menjauhkan mereka tetapi memisahkan mereka dalam masalah mereka atau meredakan masalah mereka dan itu wajib hukumnya bagi kita untuk melakukannya .

    Maaf jika ada salah kata . Sekian dan Terima kasih

    BalasHapus
  21. Akmal Wahyu SIWI
    X IIS A/03

    Dari artikel diatas dapat saya simpulkan bahwa,

    Pentingnya menjaga persatuan dan janganlah sampai terjadi perselisihan.menjaga persatuan merupakan wujud dari persaudaraan.Jangan sampai di dalam persatuan kita terjadi perselisihan.Jika ada perselisihan selesaikan dengan kepala dingin,tidak perlu dengan kekerasan.bahaya yang diterima jika terjadi perselihan yaitu tidak mendapat Rahmat dari Allah SWT,Mendapat siksaan yang berat,dapat memecah belah agama.Jadi kita sesama muslim harus menjaga persatuan dengan sesama ataupun dengan orang yang berbeda agama,ras,suku,dan budaya.

    Maaf apabila ada penggunaan kata yang salah.Terimakasih

    BalasHapus
  22. meike sukmadewi H
    X IIS A/15

    menurut saya setelah membaca artikel diatas, persatuan dan kesatuan tidak harus dalam sesama muslim saja, perbedaan dalam agama, adat dan istiadat. saya sebagai makhluk sosial terkadang juga pernah egois ketika sedang dalam keadaan darurat. kesimpulan : kita harus tolong menolong dan saling membantu jika sedang dalam keadaan susah atau masalah, karena kita merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa oranglain.

    sekian dari saya maaf jika ada kesalan, terima kasih

    BalasHapus
  23. Qonita Hafidzoh
    X IIS A/21

    Menurut pendapat saya tentang artikel diatas adalah Persatuan dan kesatuan harus dijaga agar tidak menimbulkan perselisihan terlebih lagi kita adalah umat muslim karena sesama umat muslim adalah saudara maka dari itu kita harus menjaga dengan baik tali persaudaraan kita. Persatuan dan kesatuan juga harus dijaga antar suku bangsa bahasa Indonesia dan mungkin seluruh dunia karena persatuan dan kesatuan tidak hanya dalam muslim saja untuk itu kita harus menjaganya. Sekian bila ada kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih.

    BalasHapus
  24. Selfi Fitriana X IIS A/ 31
    Menurut pendapat saya tentang artikel di atas adalah bahwa menjaga persatuan sangatlah penting. Dengan persatuan kita akan merasa damai dan tidak hidup dengan ketakutan karena dengam persatuan juga membuat minimnya pertengkaran dan perpecaha. Jangan pernah menyepelekan masalah sekecil apapun bentuknya itu karena kita tidak tau apa pendapat orang yang bersangkutan tentang masalah tersebut bagaimana perasaannya. Sekian pendapat saya.

    BalasHapus
  25. Emi N X MIA G/14
    menurut saya setelah membaca artikel di atas bahwa sebuah kesatuan sangatlah penting untuk kita lestarikan agar bisa selalu membentuk sebuah persatuan jika tidak ada persatuan dan kesatuan negara ini akan mudah sekali dijajah kembali dan pasti tidak akan ada kebersamaan antar warga negara maupun negara ini akan hancur dan terpecah belah. Persatuan dan kesatuan sebagai satu bangsa dan negara Indonesia merupakan elemen kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang paling penting. Tanpa adanya persatuan, kita tidak bisa dapat hidup sebagai suatu bangsa. Adapun untuk menjaga persatuan sebagai suatu bangsa tidak hanya bergantung kepada pemerintah tetapi sebagai bangsa, kita semua memiliki kewajiban yang sama untuk menjaga persatuan dan kesatuan. sekian dan terimakasih

    BalasHapus