Meneruskan
pembahasan jenjang eksistensi manusia, setelah eksistensi jasadi, di atasnya
terdapat eksistensi jiwa nabati. Dalam diri manusia, pertumbuhan jiwa nabati
sangat mudah diamati pada masa kanak-kanak.
Kata kuncinya adalah: tumbuh,
sebagaimana dunia tumbuh-tumbuhan (flora). Agar tumbuh sehat, diperlukan gizi
melalui kegiatan makan-minum dan memperoleh cahaya matahari secara
proporsional. Terutama masa pertumbuhan fisik, jika tidak cukup asupan gizinya,
eksistensi tubuh tidak sehat dan tidak berkembang secara optimal.
Jadi, ketika seseorang sibuk
berpikir dan bekerja mencari uang untuk memenuhi tuntutan makan dan minum,
sesungguhnya yang dilakukan adalah tengah memenuhi kebutuhan jiwa nabati, tak
ubahnya dengan dunia tumbuhan yang agenda utamanya berputar pada makan minum
dan berkembang. Begitu pun jiwa nabati yang melekat pada diri setiap manusia.
Sebagaimana dunia flora, pada masa kanak-kanak dan remaja tubuh seseorang
berkembang terus sampai pada titik klimaks.
Sejak dari tinggi badan, panjang
tangan, kaki, dan organ-organ tubuh lain akan mencapai puncak pertumbuhannya
dan pada usia tertentu akan menurun. Perhatikan saja pepohonan yang sudah menua
di sekeliling kita, tak ubahnya sekumpulan orang tua yang juga sudah semakin
rapuh kondisi fisiknya dan tidak lagi segar. Rambut kian rontok dan memutih,
pendengaran dan penglihatan kian berkurang ketajamannya.
Ketika duduk atau berjalan mesti
memerlukan penyangga karena otot dan tulang-tulang penyangganya tak lagi solid
dan kuat. Bahkan makan dan minum juga tidak lagi lahap. Pada dimensi nabati ini
seseorang tumbuh sesuai dengan DNA/deoxyribonucleic acid-nya yang menyimpan
informasi tentang keunikan seseorang sehingga berbeda dari yang lain. Dengan
kata lain, dunia nabati akan tumbuh berkembang mengikuti prinsip teleologi.
Contoh termudah, dalam sebiji
mangga di dalamnya tersimpan informasi dan karakter, kalau saja biji mangga itu
tumbuh berkembang pasti akan menghasilkan pohon mangga. Tidak mungkin biji
mangga ketika disemai akan menghasilkan pohon kelapa. Inilah maksud teleologi
atau “serba-tuju” bahwa setiap benih mengandung potensi dan jika berkembang
akan mengikuti cetak biru yang sudah terkandung di dalamnya.
Jadi, andaikan kita menyebar 10
biji dari beraneka macam buah, masing-masing kalau tumbuh akan berbeda-beda
sesuai dengan cetak biru potensi yang sudah terkandung di dalamnya. Begitu pun
dalam diri manusia, sejak terjadi seleksi sperma yang kemudian bertahan dan
berkembang menjadi calon manusia, masing-masing sudah memiliki cetak biru, baik
jenis kelamin maupun organ-organ tubuh lainnya.
Ini bisa juga disebut takdir atau
ketentuan Ilahi yang mesti kita terima. Betapa repot dan lelahnya jika
seseorang mengingkari cetak biru eksistensi nabati yang melekat dan tumbuh
dalam diri kita. Misalnya, mereka yang ditakdirkan terlahir dengan warna kulit
hitam lalu mendambakan berubah menjadi berkulit putih. Mereka yang terlahir
rendah lalu ingin sekali menjadi jangkung.Yang memiliki takdir rambut keriting
menginginkan lurus.
Sampai tahap tertentu bisa saja
kita mengubah potensi dan cetak biru yang sudah melekat pada jiwa nabati,
tetapi tidak akan permanen. Pada eksistensi jiwa nabati, kehidupan manusia
sudah meriah. Berbagai ragam bentuk dan kegiatan pesta dengan agenda pokok
makan dan minum mudah dijumpai di manamana. Sekian banyak mal dan ratusan
restoran berdiri di berbagai kota. Apa yang ditawarkan? Tak lain memenuhi
tuntutan jiwa nabati.
Bagi anak kecil dan remaja,
pemenuhan ini sangat vital. Namun bagi orang yang telah berumur, jika tidak
terkontrol, makan dan minum justru akan menjadi sumber penyakit. Pada umumnya
orang sakit karena tidak mampu mengontrol kegiatan dan nafsu jiwa nabatinya.
Penyakit kolesterol dan jantung yang paling banyak menjadi pemicu kematian
orang kaya disebabkan aktivitas jiwa nabati yang tidak terkontrol.
Oleh karena itu agama mengajarkan
agar apa yang kita makan dan minum selalu berpegang pada prinsip halalan-thoyyiban.
Halal artinya bukan hasil korupsi atau curian, sedangkan thoyyiban artinya
makanan dan minuman itu mesti baik dan sehat menurut pertimbangan medis. Sungguh
indah jika kita selalu menjaga dua kualitas ini sehingga jiwa nabati tumbuh
sehat untuk menyangga dan mendukung eksistensi jiwa yang lain, yaitu hewani,
insani, dan malakuti yang akan kita bahas belakangan.
Ketika usia semakin lanjut, persis
tumbuh-tumbuhan di kebun, rambut––ibarat daun––kian putih dan mudah rontok.
Batang dan dahannya tidak lagi segar dan tidak bisa tumbuh lebih tinggi lagi. Bahkan
mulai merunduk dan mudah roboh jika ada empasan angin agak kencang. Di saat
itu, ke mana perginya ketampanan dan kecantikan yang selalu segar dan
dibanggakan ketika remaja? Lalu, apa yang mestinya menjadi kebanggaan sebagai
kekayaan dan identitas diri yang paling berharga?
0 komentar:
Posting Komentar