Membincang Iman



Kita sampai arketipe terakhir, yaitu: anxiety. Yaitu struktur kejiwaan yang menyimpan kegelisahan dan keraguan karena terlalu banyak misteri hidup yang nalar kita semua tidak sanggup untuk memahami dan menjelaskannya secara rasional, ilmiah.
Kegelisahan ini akan semakin dirasakan ketika seseorang sudah menginjak usia lanjut yang secara statistikal sisa umurnya bisa diprediksi. Perjalanan dan perjuangan hidup sejak tahapan orphan yang tidak berdaya sampai magician yang merasa dirinya hebat, tetap menyisakan pertanyaan dan kegelisahan. Ketika orang sudah merasa sukses dalam hal karier keduniaan, atau sebaliknya merasa gagal dan terpuruk, selalu muncul pertanyaan eksistensial; bukankah semua serial drama hidup ini nantinya akan berakhir dengankematian? Adakahkehidupan lanjut setelah mati?
Kalau ada, adakah hubungan nasib di dunia ini dengan hidup yang baru? Andaikan mati adalah akhir dari seluruh dari eksistensi dan tak ada lagi kehidupan, lalu untuk apa semua perjuangan hidup ini aku jalani? Demikianlah, pada diri setiap orang selalu menyimpan pertanyaan dan kegelisahan karena terlalu banyak pertanyaan dan ketidaktahuan terhadap realitas semesta dan kehidupan. Akumulasi pengalaman masa lalu,berbagai cerita orang tua dan ceramah keagamaan, kesemuanya mendorong pada keyakinan bahwa mati bukanlah akhir kehidupan. Ada sumber kehidupan yang tak kenal mati dalam diri setiap orang, entah itu namanya ruh, jiwa, atau ada istilah lain.
Begitu pun dalam diri setiap orang ada dorongan untuk meraih hidup bermakna baik bagi diri, keluarga, maupun masyarakat. Dinamika dan jarak antara cita-cita indah yang tak terbatas dan realitas hidup yang mengecewakan selalu memunculkan kegelisahan, kekecewaan, dan semangat untuk selalu berjuang. Adalah keyakinan dan citacita mulia yang selalu memberikan amunisi dan semangat untuk selalu melangkah maju membangun kehidupan yang lebih baik. Hasil penalaran rasional dan akumulasi pengalaman hidup tetap saja menyisakan teka-teki dan misteri hakikat kehidupan yang tak terjawab.
Maka orang pun lalu mencari jawab pada agama, yang sentralnya adalah kepercayaan dan keyakinan adanya Tuhan yang serbamaha. Semata berdasarkan penalaran rasional, baik orang yang percaya akan adanya Tuhan maupun mereka yang tidak percaya, masing-masing memiliki basis argumen yang sulit dikompromikan. Bahkan semakin maju perkembangan ilmu pengetahuan, semakin maju pula argumen orang yang mengingkari adanya Tuhan berdasarkan argumen scientific.
Namun jika berbagai teori dan argumen tentang adanya Tuhan dikumpulkan, skornya lebih tinggi dan lebih meyakinkan ketimbang yang mengingkarinya. Bahkan, dikenal pula argumen psikologis yang disebut: the will to believe. Bahwa sesungguhnya dalam diri manusia terdapat dorongan kuat untuk percaya adanya Tuhan.Dorongan ini diperkuat lagi dengan argumen kenabian yang datang dengan memperkenalkan wahyu ilahi disertai mukjizat.
Namun, sesungguhnya berbagai argumen dimaksud tetap tidak mampu mengusir anxiety, kegelisahan manusia. Maka sekalipun orang telah mengaku beragama dan yakin adanya Tuhan, aktivitas yang paling utama dari sikap keberagamaannya adalah berdoa. Di dalam doa, setidaknya terdapat dua hal.Pertama rasa gelisah, ragu, takut,khawatir, dan di sisi lain lalu datang mengadu pada Tuhan untuk mendapatkan kepastian dan ketenangan.
Secara rasional,percaya dan meyakini Tuhan yang kemudian disebut “beriman” dan orangnya disebut “mukmin”, di situ terdapat sebuah loncatan, leap of faith, untuk melenyapkan keraguan. Rasa takut pada hukuman (neraka,punishment, kesengsaraan) dan harapan pada pahala (surga, reward, kebahagiaan) membuat seseorang selalu berusaha untuk hidup hati-hati dan berprestasi. Jadi,sikap dan pilihan iman itu terdapat unsur argumen rasional, dorongan psikologis, keraguan dan ketidaktahuan.
Dalam istilah agama maka dikenal: khauf wa raja’. Ragu bercampur harap. Orang beriman memiliki keraguan, apakah doa dan amal ibadahnya diterima Tuhan? Namun juga yakin dan penuh harap,Tuhan pasti Mahakasih, Maha Pengampun, dan Maha Pemberi Pahala. Baik dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab, maupun bahasa Inggris terdapat ungkapan yang berbeda namun berdekatan, seperti: I know, I think, I feel, I see, I understand, I guess, I perceive, I believe, I witness, dan ungkapan serupa yang menunjukkan perbedaan konsep, sikap,dan implikasinya.
Semakin lanjut usia seseorang, ketika prestasi ilmu, jabatan, dan harta telah diraih semuanya, lalu apa lagi yang hendak dicari? Di sinilah iman memberikan insentif makna hidup dan jawaban, meskipun ada unsur spekulatifnya, yaitu kembali dan menyatu kembali dengan Tuhan, sang pencipta dan pemberi kehidupan. Karena Tuhan Mahasuci dan Mahabaik maka hanya dengan kondisi suci dan bekal kebaikan, seseorang akan lebih lancar pulang kembali ke pangkuan ilahi.
Pada akhirnya iman bukanlah sekadar percaya, melainkan sebuah pengakuan, kepasrahan, keyakinan,dan jalan hidup untuk mengantarkan pada tujuan yang melewati batas-batas sejarah dan duniawi. Kita semua berasal dari Tuhan dan akan kembali pada Tuhan.

Komaruddin Hidayat

0 komentar:

Posting Komentar