PEMBENTUKKAN PERSAUDARAAN

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
            Persaudaraan pada mulanya berarti “persamaan dan keserasian dalam banyak hal”. Karenanya, persamaan dalam keturunan mengakibatkan persaudaraan, persamaan dalam sifat-sifat juga mengakibatkan persaudaraan. Faktor penunjang lahirnya persaudaraan dalam arti luas ataupun sempit adalah persamaan. Semakin banyak persamaan semakin kokoh pula persaudaraan.
            Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial, perasaan tenang dan nyaman yang dirasakanya pada saat berada bersama jenisnya, dan dorongan kebutuhan ekonomi, juga merupakan faktor-faktor penunjang lahirnya rasa persaudaraan itu. Islam datang menekankan hal-hal tersebut dan menganjurkan untuk mencari titik singgung dan titik temu. Jangankan terhadap sesama muslim, terhadap non-muslim pun demikian.
            Demikianlah, terlihat betapa ukhuwah islamiyah yang akan mengantar manusia kepada hasil-hasil konkret yang nyata dalam kehidupan. Untuk memantapkan persaudaraan bukan sekedar toleransi tapi yang lebih penting adalah langkah bersama. Berdasar pada peristiwa tersebut, maka sangat pentinglah bagi kita untuk mempelajari, memahami, atau setidaknya mengetahui tentang arti persaudaraan.


B.     Rumusan Masalah
1.      Mengapa perlu adanya Ukhuwwah Islamiyah?
2.      Apa syarat-syarat Ukhuwwah Islamiyah?
3.      Bagaimana tahap-tahap pembentukan Ukhuwwah Islamiyah?

C.    Tujuan dan Manfaat Penulisan
1.      Untuk mengetahui makna pentingnya umat muslim bersaudara
2.      Dapat memahami Syarat-syarat Ukhuwwah Islamiyah
3.      Dapat memahami macam-macam tahap pembentukan Ukhuwwah Islamiyah


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pentingnya Umat Muslim Bersaudara
Kita perlu bersaudara atau menganggap mereka yang muslim dan taat beragama adalah saudara kita karena kita seiman dan satu hati. Kita sama-sama memiliki tujuan yang sama di muka bumi ini. Tujuan itu adalah mengabdikan diri kepada Allah, menyembah kepada Allah dan juga memperjuangkan agama ini sampai nanti kita meninggal dunia. Akan tetapi kalau kita lihat dalam kehidupan sekarang ini, banyak umat muslim (yang seiman dan seakidah) merasa tidak peduli, acuh tak acuh dan tidak pernah memikirkan umat muslim yang lain. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengahayatan kita terhadap tujuan-tujuan dasar kita dalam kehidupan di muka bumi ini. Walaupun kita berasal dari kelompok yang berbeda, golongan yang berbeda, suku yang berbeda, partai politik yang berbeda, dan banyak hal-hal lain yang berbeda, akan tetapi hakikat tujuan kita dalam hidup ini adalah sama. Oleh karena itu, jangan sampai perbedaan-perbedaan ini membuat kita menjadi terpecah belah.
Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Artinya:
            "Orang-orang yang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu, damaikanlah (perbaiki hubungan) antara kedua saudaramu itu, dan patuhlah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat." (Q.S. Al Hujuraat 10)
 
Ayat ini dinamakan dengan ayatul ukhuwwah karena berbicara tentang konsepsi Qur’ani yang baku bahwa setiap orang yang beriman terhadap orang lain yang seakidah dengannya adalah bersaudara.
 
B.     Syarat-syarat Ukhuwwah Islamiyah
Ukhuwah Islamiyah memiliki persyaratan dan landasan yang harus dipenuhi agar dapat diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah syarat terpenting dan landasan paling pokok dalam menerapkan ukhuwah Islamiyah.
1.      Ikhlas karena Allah Semata
Ukhuwah islamiyah akan terlaksana jika orang-orang yang terlibat di dalamnya mampu membebaskan dirinya dari kepentingan dan keuntungan pribadi. Mereka berukhuwah atas dasar semata-mata karena Allah. Jika ukhuwah ini berlandaskan semata-mata karena Allah swt., maka akan memberikan dampak positif yang keberadaannya dapat dirasakan masyarakat.
2.      Larangan Saling Mendengki
Asy-Syaikh Al-’Allamah Muhammad Hayat As-Sindi berkata dalam kitabnya Syarh Arba’in Nawawiyah “Tidak boleh sebagian di antara kamu mengharapkan lenyapnya keni’matan dari sebagian yang lain karena perbuatan itu akan menjadikannya ingkar terhadap Allah yaitu terhadap apa-apa yang telah Allah bagi dan tentukan dengan hikmah dan ketentuanNya. Dengki itu dapat menyebarkan permusuhan ghibah dan namimah. Orang yang suka mendengki itu hatinya selalu sedih dan gundah sebab dia akan selalu tersiksa oleh perbuatannya tiap kali melihat orang yg didengkinya mendapat keni’matan.
3.      Tegak Berasas Nasihat karena Allah
Seorang muslim harus menjadi cermin saudara muslim lainnya. Jika salah seorang muslim melihat saudaranya berbuat baik, ia memberi semangat agar terus meningkatkan amal kebaikannya. Akan tetapi, jika ia melihat saudaranya mengerjakan sesuatu yang kurang sempurna, ia akan menasihatinya dengan cara yang baik.
4. Saling menghargai 
 
5.      Setia dalam kesenangan dan kesusahan
Rasa kesetiaan dan tolong-menolong saat susah dan senang tidak akan terwujud jika dikalangan mereka tidak tumbuh rasa sependeritaan dan sepenanggungan. Oleh karena itu, jika Islam mewajibkan berbuat tolong-menolong sesame muslim, sudah tentu tolong-menolong tersebut berada dijalan Allah
 
C.    Tahap-tahap Pembentukan Ukhuwwah Islamiyah
Dalam pembentukan Ukhuwah Islamiyah, ada tiga tahapan yang harus dilalui:
1.      tahap ta'aaruf (saling mengenal)
                    Pada tahap "ta'aaruf", ukhuwah mulai dirintis. Yakni, dua (atau lebih) ikhwah saling mengenal, dengan saling mengunkapkan latar-belakang masing-masing. Dengan pengenalan ini maka kita mampu menghayati hakekat perbedaan-perbedaan (bangsa, kedudukan, status, ras, bahasa, dll.) di antara kita dan akhirnya mampu menerima perbedaan-perbedaan ini sebagai kehendak Allah agar kita bisa saling mengenal.
2.      tahap tafaahum (saling memahami)
     Pada tahap "tafaahum", level ukhuwah adalah lebih tinggi lagi. Setelah kita mengenal latar-belakangnya, maka selanjutnya kita perlu memahami dirinya lebih detail lagi. Yakni sampai pada taraf mengenal dan memahami apa-apa yang disukai dan apa-apa yang dibenci olehnya, sehingga kita dapat bertindak sebaik-baiknya kepadanya.
            3. tahap takaaful (saling mencukupi)
     Pada tahap "takaaful", disinilah level yang tertinggi. Setelah kita saling mengenal, kemudian saling memahami, akhirnya kita bisa saling mencukupi. Allah Subhanahu wa ta'ala memerintahkan kepada kita:
"....Dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan taqwa, dan janganlah kamu tolong-menolong dalam mengerjakan dosa dan pelanggaran hukum...." (Q.S. Al-Maidah 2).
Saatnya kita mulai melihat sejauh mana peran kita di dalam membangun dan memelihara kesatuan umat Islam. Jangan sampai kemudian kita justru menjadi pelopor atau provokator terjadinya perpecahan umat. Karena dakwah Islam adalah dakwah yang dibangun di atas prinsip persaudaraan. Berjuang bersama untuk memperkokoh barisan pengemban dakwah, berani berkorban demi tegaknya Islam, bukan berani berkorban dan saling serang sesama pejuang Islam adalah contoh langkah yang harus kita lakukan agar tali persaudaraan antar sesama muslim tetap terjaga.
 
 
 
 
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Ukhuwwah Islamiyah perlu kita tegakkan dalam kehidupan di muka bumi ini. Karena kita memiliki tujuan yang sama, yaitu  mengabdikan diri kepada Allah. Konsekuensi dari ukhuwwah adalah adanya sikap saling menyayangi, memberikan kedamaaian, keselamatan, saling tolong menolong, dan menjaga persatuan. Inilah prinsip yang harus ditegakkan dalam sebuah masyarakat muslim. Sedangkan perselisihan dan perpecahan merupakan pengecualian dari sebuah ukhuwah yang harus dihindari. Maka memerangi kelompok yang merusak persatuan dan ukhuwah umat adalah dibenarkan, bahkan diperintahkan dalam rangka melakukan ishlah dan mengembalikan mereka ke dalam barisan kesatuan ini.
B.     Saran
Dalam pembuatan makalah ini mungkin masih terdapat beberapa kesalahan baik dari isi dan cara penulisan. Untuk itu kami sebagai penulis mohon maaf apabila pembaca tidak merasa puas dengan hasil yang kami sajikan, dan kritik beserta saran juga kami harapkan agar dapat menambah wawasan untuk memperbaiki penulisan makalah kami.
 




DAFTAR PUSTAKA
http://www.google.com/search?q=orang+islam+bersaudara+filetype:doc&hl=id&lr=lang_id&tbs=lr:lang_1id&prmd=imvns&ei=YCXsTriuCYjIrQeY2LWHCQ&start=10&sa=N
 
Disadur dari SYARH ARBA’IN NAWAWIYAH RIYADHUSH SHOLIHIN TAFSIR IBNU KATSIR DLL. Oleh Al-Islam-Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia.file al_islam.chm


Boks.google.co.id”Bercita dan bersaudara karena Allah”Ust. Husna Adham Jarrol, Jakarta: Gema Insani Press.1989


Niyartama Thakibul Fikri,M.Si. Be A Real Moslem, UIN Suka Yogyakarta

28 komentar:

  1. Marvineta T.N.A /21 / X MIA G

    Menurut saya, keberadaan manusia sebagai makhluk sosial, perasaan tenang dan nyaman yang dirasakan saat bersama orang lain dan dorongan kebutuhan ekonomi, juga merupakan faktor-faktor penunjang lahirnya rasa persaudaraan itu. Persaudaraan dalam islam itu sangat penting, karena tujuan kita sama di muka bumi ini. Dan jika kita menambah persaudaraan, maka kita akan memperjuangkan agama islam ini. Jika kita mau membentuk sebuah persaudaraan antar agama islam, harus ikhlas karena allah semata, jangan ada rasa saling dengki di dalam persaudaraan ini. Dan harus saling menghargai kekurangan atau kelebihan satu sama lain.

    Sekian terimakasih. Maaf jika salah..

    BalasHapus
  2. Sekar Asti F P/ X MIA G/ 34
    Menurut saya, kita harus berukhuwah terhadap siapapun, terhadap umat muslim maupun non muslim. Karena persaudaraan itu penting. Jika tidak ada persaudaraan diantara umat muslim dan non muslim, maka akan ada perpecahan diantara umat muslim dan non muslim. Maka dari itu, kita harus menjalin persaudaraan/ukhuwah dengan semua umat, bangsa dan negara dengan menjalin rasa saling tolong menolong, rasa saling menyayangi, saling peduli satu sama lain, membantu semua umat jika ada yang kesusahan. Kemudian kita ikhlas dalam melakukan ukhuwah dengan semua umat. Dan melakukan ukhuwah-ukhuwah yang telah dibagi yaitu, ukhuwah islamiyah adalah persaudaraan antara sesama umat islam, ukhuwah Ubudiyah yaitu persaudaraan antara sesama agama, ukhuwah Wathaniyah adalah persaudaraan antara bangsa dan negara, ukhuwah insaniyah yaitu persaudaraan antara sesama manusia. Marilah kita berukhuwah dengan rasa ikhlas tidak ada suatu paksaan apapun.

    Mohon maaf, jika ada kata-kata yang kurang tepat. Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Putri Wulan R/30/X MIA G
    Setelah membaca bacaan di atas saya menjadi lebih mengerti arti persaudaraan. Seperti yang kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial, dimana manusia tidak akan bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain. Maka kita diciptakan bersaudara agar bisa saling tolong-menolong dan membantu. Seperti yg kita tahu bahwa sesama muslim kita bersaudara. Maka kita harus selalu menjaga tali silaturahmi antar umat muslim agar persaudaraan tetap terjalin. Kita juga harus memiliki rasa sayang, ingin menjaga, memberikan kedamaian, keamanan kepada saudara kita. Bila kita bersaudara harus selalu ikhlas karena Allah bukan karna yg lain.
    Sekian, terimakassih

    BalasHapus
  4. X MIA G/ 04
    Setelah saya membaca artikel di atas kesimpulan menurut saya adalah keberadaan manusia sebagai makhluk sosial, perasaan tenang dan nyaman yang dirasakan saat bersama orang lain dan dorongan kebutuhan ekonomi merupakan faktor-faktor penunjang lahirnya rasa persaudaraan. Seperti yang kita tahu manusia adalah makhluk sosial yang dimanapun dan kapanpun selalu membutuhkan orang lain. Maka dari itu kita harus menjaga persaudaraan terhadap sesama. Menghilangkan rasa dengki terhadap sesama tetapi memberikan kedamainan dan keamanan terhadap sesama untuk selalu menjaga persaudaraan.

    Mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak tepat dan kurang mengenakan. Terimakasih

    BalasHapus
  5. Salsabella Ema A /32/ X MIA G

    menurut saya
    Kita perlu bersaudara atau menganggap mereka yang muslim adalah saudara kita. karena kita seiman dan satu hati.Kita sama-sama memiliki tujuan yang sama di muka bumi ini. Namun dilihat dari kehidupan sekarang banyak umat manusia yang acuh tak acuh dengan dan tidak memikiran umat lainnya. Walau berasal dari golongan yang bebeda beda semua imat muslim adalah saudara

    Maaf jika aada kesalahan
    Tankyou

    BalasHapus
  6. Nabilah NH 27/X MIA G
    Setelah membaca artikel diatas, saya semakin paham apa pentingnya persaudaraan. Manusia sebagai makhluk sosial memang sudah seharusnya melakukan interaksi dengan sesama. Persaudaraan adalah salah satu contoh interaksi antara makhluk sosial. Kita bebas ingin membuat tali persaudaraan dengan siapa saja, dari suku yang berbeda, dari bahasa yang berbeda, bahkan dari agama yang berbeda. Namun kita harus tau batasan-batasan. Jika ingin berteman atau bersaudara antara laki-laki dan perempuan boleh asal dalam batasan yang positif. Jika ingin berteman dengan yang berbeda keyakinan juga harus tau batasan dimana kita tidak perlu sampai melakukan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan saat mereka menyembah Tuhan nya. Kita hanya perlu menghormati kepercayaan yang mereka anut.

    Sekian pendapat yang saya sampaikan mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  7. Nova Hidayanto X MIA G/29
    Setelah membaca artikel di atas, saya berpendapat bahwa manusia sebagai makhluk sosial yang artinya selalu membutuhkan bantuan orang lain / tidak bisa hidup sendiri. Kaitanya adalah kita selalu membutuhkan orang lain hal itulah yang membentuk suatu Tali persaudaraan di antara kita, selain tali persaudaraan yang berfungsi sebagai alat silahturahmi ,juga berfungsi menambah teman . Tapi berteman dalam hal yang positif apa lagi kalau temannya berbeda agama , sikap kita menghormati agama orang tersebut namun kita juga harus lebih menyakini agama kita sendiri. Sekian pendapat saya ,Apabila ada kesalahan, Saya mohon maaf
    Sekian dan terimakasih.


    BalasHapus
  8. X MIA G/13

    Setelah saya membaca artikel di atas, manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri pasti memerlukan bantuan orang lain sehingga manusia perlu perdamaian agar semua tetap nyaman. Terhadap sesama agama maupun beda agama kita pun harus berukhuwah/bertoleransi agar selalu terjaga perdamaian antar umat beragama, karna kunci perdamaian yaitu dengan menghargai dan menghormati
    orang lain.
    Demikian terima kasih

    BalasHapus
  9. Annisa Nadya R / 08 / X MIA G

    Manusia adalah makhluk social yang selalu membutuhkan orang lain. Sudah seharusnya kita saling bersaudara dengan sesama muslim bahkan dengan non muslim. Di dalam persaudaraan janganlah kita mengejek, membuly, berselisih, dan bertengkar. Walaupun kita berasal dari kelompok yang berbeda, golongan yang berbeda, suku yang berbeda, dan banyak hal-hal lain yang berbeda, akan tetapi hakikat tujuan kita dalam hidup ini adalah sama. Oleh karena itu, jangan sampai perbedaan-perbedaan ini membuat kita menjadi terpecah belah.

    Sekian komentar dari saya, apa bila ada kata yang kurang tepat, saya minta maaf. Terima kasih.

    BalasHapus
  10. Najmi M Fahreza
    X MIA G
    28

    Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.Oleh karena itu kita diciptakan bersaudara.Karena dengan adanya saudara maka perkejaan yang susah akan menjadi mudah dengan bantuan saudara,Sebagai seorang muslim kita diciptakan bersaudara.kita harus memilik rasa sayang terhadap saudara kita.

    BalasHapus
  11. Muhammad Yusuf Syaifuddin
    25
    X MIA G
    Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh
    Setelah saya membaca artikel diatas saya izinkan saya memberikan komentar.
    Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang mana sebagai makhluk sosisal tidal bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu kita sebagai makhluk sosial harus persaudaraan,saling menghormati, dan saling menghargai. Sekian dari saya apabila ada kesalahan saya ucapkan mohon maaf Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  12. Muhamad Rivan / X MIA G / 22

    Setelah saya membaca artikel ini,pendapat saya sebagai manusia yang kodrat nya saling membutuhkan orang lain, maka dari itu kita selaku umat beragama harus bersaudara baik dengan sesama muslim ataupun non muslim. Untuk itu kita harus bisa menjaga persaudaraan dan menjalin nya dengan baik juga dalam persaudaraan jangan sampai ada hal' negatif terjadi yang akan membuat hancur. Maka dari itu kita harus bisa menghindari hal tersebut agar terbentuknya persaudaraan yang aman dan nyaman.

    BalasHapus
  13. X IIS A / 07
    Setelah saya baca artikel , dapat saya simpulkan bahwa persaudaraan merupakan hal penting bagi kita. Dengan adanya persaudaraan membuat kita lebih dekat dengan sesama. Manusia memang di kodratkan hidup secara sosial, karena memang dasar nya manusia merupakan makhluk sosial yang dimana membutuhkan bantuan orang lain. Maka dari itu kita seharusnya bisa menjaga hubungan antar sesama agama untuk bisa hidup bersama dengan menjauhkan sikap sikap negatif.
    Cukup sekian yang dapat saya sampai kan, terimakasih.

    BalasHapus
  14. Atik Robingatun/X MIPA F/06
    assalamualaikum wr. wb.
    Setelah saya membaca artikel diatas, menurut saya kita sebagai mahkluk hidup yang pasti membutuhkn bantuan dan dibutuhkan. Persaudaraan lah yang membuat hal itu menjadi mudah. Dalam persaudaaran pasti ada perbedaan dan kesamaan. Perbedaan bukan sebagai penghalang namun sebagai alat pemersatu dan saling menghargai sehingga terbentuklah persaudaraan. Persamaan juga mempermudah kita untuk bersatu. Untuk itu kita harus menjaga persaudaran atas dasar perbedaan dan kesamaan untuk menghindari kehancuran.

    BalasHapus
  15. Bagas Permana Nugroho
    X IIS A
    08
    Dari bacaan diatas saya jadi tahu bahwa kita sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan pertolonganeee atau bantuan dari seseorang yang kita kenal atau kita tidak kenal. Maka dari itu kita harus pandai menjaga hubungan antar manusia agar tidak terjadi perselisihan. Sekian yang bisa saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam penulisan atau tutur kata saya minta maaf sekian terima kasih.

    BalasHapus
  16. Ade Lia Pratiwi/02/X MIA G
    Dari artikel di atas menurut saya:
    Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial, merupakan faktor penunjang lahirnya rasa persaudaraan, perasaan yang tenang dan nyaman dirasakan saat berada bersama jenisnya dan dorongan kebutuhan ekonomi.
    Persaudaraan itu sangat indah, damai, terhormat, menyenangkan, memudahkan dan menjadi kekuatan dalam berbagai kegiatan dan perjuangan. Sebaliknya permusuhan sesuatu yang sangat tercela, menyusahkan, menyulitkan, dan melemahkan berbagai kegiatan dan perjuangan. Persaudaraan melahirkan kekuatan yang luar biasa.
    Prinsip hidup damai dan rukun diwujudkan secara sungguh-sungguh, sehingga apabila terjadi perselisihan atau permusuhan di antara mereka, yang lain bersemangat untuk mendamaikan sehingga keutuhan dan kekuatan tetap terpelihara kembali.

    Sekian dari saya. Terimakasih

    BalasHapus
  17. X MIA G/ 12
    Sebelumnya, saya meminta maaf apabila dalam memberikan omentar terdapat kata kata ynag kurang berkenan dihati.
    Sebenarnya, kita sudah memiliki banyak saudara. Karena didalam umat muslim, semua adalah saudara kita. Jadi tidak ada salahnya jika kita menyebut mereka sebagai saudara, walaupun tidak memiliki aliran darah...namun kita disatukan dengan adanya agama.
    Diharapkan agar sesama umat muslim saling tolong menolong, kerjasama, dan memiliki rasa persaudaraan yang erat.
    Dengan adanya ukhuwwah islami, kita tak hanya mendapatkan tambahan persaudaraan, tetapi kita juga mengingikan ridho nya Allah. Dan diharapkan agar kita dapat menjaga prinsip prinsip yang ada di Ukhuwwah Islami tersebut.
    Sekian, terimakasih.

    BalasHapus
  18. Sekar septianingtyas
    X IIS A/30

    dalam artikel di atas, saya sebagai umat muslim dan makhluk sosial menjadi lebih mengerti pentingnya ukhwah Islam untuk diri kita sendiri, dengan membaca artikel tersebut saya menjadi semakin mengerti dan paham pentingnya mempererat tali persaudaraan antar sesama islam. Saling menghargai, saling membantu, saling tolong menolong, kenal atau tidak kenal harus saling bekerja sama antar sesama. kesimpulan komentar : kita sebagai makhluk sosial tidak boleh egois, sadardiri, dan tidak hanya mementingkan keadaan diri sendiri, tetapi walaupun kita juga dalam keadaan susah setidaknya kita juga membantu orang orang yang membutuhkan kita. sekian dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan kata, terima kasih ^^

    BalasHapus
  19. aaron dias amaras
    X IIS A/01

    dari artikel yang saya baca, menurut pendapat saya persaudaraan itu sangat lah penting bagi umat muslim. manusia sebagai makhluk sosial yang artinya selalu membutuhkan pertolongan orang lain. dengan adanya persaudaraan, semua hal bisa jadi lebih mudah. persaudaraan dapat menciptakan suasana yang damai, rukun, aman dan tentram. dan dengan adanya persaudaraan sesama muslim dapat menghilangkan pertengkaran, permusuhan, perselisihan dll. maka dari itu, persaudaraan sangat penting dan kita harus saling menjaga hubungan sesama muslim.

    sekian pendapat dari saya, maaf jika ada kesalahan kata
    terima kasih

    BalasHapus
  20. Akmal Wahyu SIWI
    X IIS A/03

    Dari artikel diatas:

    Kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial.Manusia tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain.persaudaraan adalah salah satu contoh interaksi dengan orang lain.Indonesia memiliki beragam suku,ras,agama,tetapi kita tetap saudara.manfaat dari kita membentuk persaudaraan antara lain,mendapat ridho Allah SWT,Disenangi oleh orang lain,menambahkan banyak berkah dan rezekinya,memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama,dan menambah pahala.

    Maaf bila ada salah penggunaan kata.Terimkasih

    BalasHapus
  21. X IIS A / 11
    Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Setelah saya membaca artikel diatas menurut saya membangun persaudaraan adalah hal yang penting,karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain,sudah seharusnya kita sebagai makhluk sosial senantiasa memperat tali persaudaraan dengan sesama manusia karena berukhuwah merupakan salah satu ajaran islam.sebagaimana dijelaskan di dalam Surah Al-Hujurat Ayat 10
    "Sesunggguhnya orang- orang mukmin adalah bersaudara,karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat."karena itu kita sebagai umat muslim yang beriman sudah seharusnya senantiasa menjaga persaudaraan dengan ikhlas tanpa ada rasa dengki,untuk mewujudkan kehidupan yang rukun dan damai.

    Maaf bila ada kesalahan kata.
    Sekian dan Terima Kasih.

    BalasHapus
  22. Meike Sukmadewi / X IIS A / 15
    Yang dapat saya simpulkan dari cerita diatas adalah manusia sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan orang lain. Maka dari itu, kita harus menjaga tali persaudaraan. Dengan menghilangkan rasa iri, dengki, dan dendam, dengan begitu tali persaudaraan akan terjalin. Apabila tali persaudaraan terjalin, maka kerukunan dan kedamaian akan tercipta. Sikap saling tolong menolong dan ikhlas pun juga harus dilakukan.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Qonita Hafidzoh
    X IIS A/21

    Menurut pendapat saya tentang artikel diatas adalah seperti yang kita ketahui bahwa manusia adalah mahluk sosial tanpa adanya bantuan dari orang lain manusia susah melakukan suatu kegiatan apapun maka dari itu membentuk tali persaudaraan sangat lha penting terlebih lagi sesama umat muslim adalah saudara maka dari itu kita harus menjaganya. Sekian bila ada kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih.

    BalasHapus
  25. Selfi Fitriana X IIS A/ 31
    Menurut pendapat saya tentang artikel di atas adalah kita sebagai manusia dan manusia merupakan mahluk sosia yang membutuhkan orang lain. Sebagai mahluk sosia kita harus bisa ber-ukhuwah terhadap sesama muslim ataupun non muslim. Kita harus menjaga persaudaraan antara sesama manusia jangan sampai membiarkan pertengkaran sampai berlarut-larut. Kita juga harus bisa toleransi terhadap non muslim yang ada disekitar kita maupun yang jauh atau yang tidak kenal sekalipun kita harus tetap bisa bertoleransi. Sekian pendapat saya tentang artikel diatas. Sekian terimakasih.

    BalasHapus

  26. 1. Tawuran antar siswa dan evaluasi pendidikan menyeluruh( mengendalikan diri)

    Tawuran adalah suatu perbuatan yang kurang baik dan mengakibatkan banyak hal negatif. Tawuran dilarang oleh agama Dan negara. Tawuran dapat merugikan diri sendiri Dan orang lain. Sebagai seorang siswa hendaknya kita tidak melakukan perbuatan itu , Kita harus senantiasa bersikap sabar dalam menghadapi segala ujian. Sebagai seorang guru Dan orang tua hendaknya selalu memantau anaknya agar tidak salah pergaulan , Dan selalu mengajarkan kepada anaknya tentang pendidikan berkarakter yang baik. Orang tua sebaiknya membatasi keinginan anak yang tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
    Solusi :
    • Sebagai seorang guru Dan orang tua selalu mengajarkan kepada anaknya tentang pentingnya pendidikan berkarakter
    • Sebagai penindak hukum memberikan evaluasi terhadap bahaya Tawuran kepada para siswa
    • Selalu merenungi dampak negatif tawuran bagi diri sendiri
    • Sebagai orang tua selalu membimbing, mengatur dan mengarahka anaknya ke perilaku yang lebih baik
    • Tidak mengikuti kelompok-kelompok siswa yang sering ikut tawuran
    • Menahan keinginan yang tidak baik
    • Mengendalikan diri dari emosi.
    • melakukan pertimbangan
    • Meningkatkan iman Dan takwa dengan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

    2. Tidak mengeluh Dan selalu percaya diri(husnuzzan)
    Husnuzzan= berprasangka baik
    Husnuzzan dibagi menjadi 3 bidang :
    1. Husnuzzan kepada Allah
    Misal; husnuzzan terhadap ketaan kepada Allah, husnuzzan dalam menghadapi ujian yang diberikan oleh Allah Swt. , Husnuzzan dalam melihat semua makhluk ciptaan Allah Swt.
    2. Husnuzzan terhadap diri sendiri
    Misal; percaya diri, gigih Dan semangat dalam belajar, berinisiatif dalam belajar, Dan rela menolong
    3. Husnuzzan terhadap orang lain
    Misal; tidak iri terhadap nikmat yang diberikan Allah kepada orang lain, tidak berprasangka buruk terhadap orang lain, bekerjasama dengan orang lain dalam hal kebaikan
    Manfaat Dan hikmah
    • Menumbuhkan rasa cinta kepada Allah
    • Menumbuhkan sikap sabar Dan tawakal
    • Timbulnya ketenangan Dan ketentraman dalam hidup
    • selalu merasa senang Dan bahagia atas kebahagiaan orang lain
    • Menumbuhkan rasa cinta kepada Allah
    • Menumbuhkan sikap percaya diri dalam menghadapi segala ujian dari Allah
    Solusi
    •Selalu merasa percaya diri dalam menghadapi semua ujian Allah
    • berusaha lebih maksimal Dan percaya diri pada diri sendiri


    3. Merayakan Keragaman(ukhuwah)
    Ukhuwah adalah hubungan persaudaraan antar umat manusia tanpa memandang agama, ras Dan budaya
    Sebagai seorang Muslim hendaknya kita selalu mengamalkan ukhuwah antar sesama dengan baik.
    Ukhuwah dibagi menjadi 4
    Yaitu:
    A. Ukhuwah Islamiyah
    Adalah hubungan persaudaraan antar sesama umat muslim
    B. Ukhuwah Ubudiyah
    Adalah buhungan persaudaraan antar umat beragama atau berbeda keyakinan dengan yang Kita anut
    C. Ukhuwah insaniyah
    Adalah hubungan persaudaraan antar umat manusia
    D. Ukhuwah wathaniyah
    Adalah hubungan antar manusia yang se-bangsa Dan se-tanah air
    Solusi:
    Selalu bertoleransi antar perbedaan yang Kita miliki dengan orang lain
    Berpegang teguh oada keyakinan sendiri Dan menghargai apa yang dianut orang lain


    4. Bagimu surgamu Bagiku surgaku (ukhuwah)
    Masing masing agama mempunyai surganya sendiri jadi bagi setiap umat manusia tidak diperbolehkan menghasut orang lain Dan mengejek keyakinan yang orang lain anut. Tetap berpegang teguh oada keyakinan sendiri. Tidak berkeyakinan bahwa semua agama itu sama. Karena antar agama itu pasti berbeda Dan memiliki keyakinan sendiri-sendiri

    Solusi:
    Selalu menambahkan iman Dan takwa kepada Allah dan tidak mengejek agama lain serta menghargai apa yang orang lain anut
    Ary Nugroho/x mia a/05

    BalasHapus

  27. 1. Tawuran antar siswa dan evaluasi pendidikan menyeluruh( mengendalikan diri)

    Tawuran adalah suatu perbuatan yang kurang baik dan mengakibatkan banyak hal negatif. Tawuran dilarang oleh agama Dan negara. Tawuran dapat merugikan diri sendiri Dan orang lain. Sebagai seorang siswa hendaknya kita tidak melakukan perbuatan itu , Kita harus senantiasa bersikap sabar dalam menghadapi segala ujian. Sebagai seorang guru Dan orang tua hendaknya selalu memantau anaknya agar tidak salah pergaulan , Dan selalu mengajarkan kepada anaknya tentang pendidikan berkarakter yang baik. Orang tua sebaiknya membatasi keinginan anak yang tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
    Solusi :
    • Sebagai seorang guru Dan orang tua selalu mengajarkan kepada anaknya tentang pentingnya pendidikan berkarakter
    • Sebagai penindak hukum memberikan evaluasi terhadap bahaya Tawuran kepada para siswa
    • Selalu merenungi dampak negatif tawuran bagi diri sendiri
    • Sebagai orang tua selalu membimbing, mengatur dan mengarahka anaknya ke perilaku yang lebih baik
    • Tidak mengikuti kelompok-kelompok siswa yang sering ikut tawuran
    • Menahan keinginan yang tidak baik
    • Mengendalikan diri dari emosi.
    • melakukan pertimbangan
    • Meningkatkan iman Dan takwa dengan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

    2. Tidak mengeluh Dan selalu percaya diri(husnuzzan)
    Husnuzzan= berprasangka baik
    Husnuzzan dibagi menjadi 3 bidang :
    1. Husnuzzan kepada Allah
    Misal; husnuzzan terhadap ketaan kepada Allah, husnuzzan dalam menghadapi ujian yang diberikan oleh Allah Swt. , Husnuzzan dalam melihat semua makhluk ciptaan Allah Swt.
    2. Husnuzzan terhadap diri sendiri
    Misal; percaya diri, gigih Dan semangat dalam belajar, berinisiatif dalam belajar, Dan rela menolong
    3. Husnuzzan terhadap orang lain
    Misal; tidak iri terhadap nikmat yang diberikan Allah kepada orang lain, tidak berprasangka buruk terhadap orang lain, bekerjasama dengan orang lain dalam hal kebaikan
    Manfaat Dan hikmah
    • Menumbuhkan rasa cinta kepada Allah
    • Menumbuhkan sikap sabar Dan tawakal
    • Timbulnya ketenangan Dan ketentraman dalam hidup
    • selalu merasa senang Dan bahagia atas kebahagiaan orang lain
    • Menumbuhkan rasa cinta kepada Allah
    • Menumbuhkan sikap percaya diri dalam menghadapi segala ujian dari Allah
    Solusi
    •Selalu merasa percaya diri dalam menghadapi semua ujian Allah
    • berusaha lebih maksimal Dan percaya diri pada diri sendiri
    3. Merayakan Keragaman(ukhuwah)
    Ukhuwah adalah hubungan persaudaraan antar umat manusia tanpa memandang agama, ras Dan budaya
    Sebagai seorang Muslim hendaknya kita selalu mengamalkan ukhuwah antar sesama dengan baik.
    Ukhuwah dibagi menjadi 4
    Yaitu:
    A. Ukhuwah Islamiyah
    Hubungan persaudaraan antar umat yang beraagama Islam
    B. Ukhuwah Ubudiyah
    Hubungan persaudaraan antar umat yang berbeda keyakinan
    C. Ukhuwah insaniyah
    Hubungan persaudaraan antar umat manusia
    D. Ukhuwah wathaniyah
    Hubungan antar umat manusia yang se-bangsa Dan se-tanah air

    Solusi:
    Selalu menghargai perbedaan yang Kita miliki Dan tidak mengejek perbedaan, selalu menambahkan iman Dan takwa kepada Allah


    4. Bagimu surgamu Bagiku surgaku (ukhuwah)

    Setiap agama pasti mempunyai keyakinan bahwa memiliki surga dan neraka sendiri, jadi setiap umat manusia harus selalu menghargai perbedaan keyaninan . Meyakini bahwa memiliki keyakinan sendiri . Tidak memaksakan kepada orang lain apa yang kita miliki( mengharuskan sama dengan diri sendiri)
    Solusi
    Solusi yang dapat Kita ambil adalah dengan menambahkan iman dan takwa kepada Allah , selalu menghargai perbedaan keyakinan sesama umat manusia, tidak memaksakan kehendak diri Kita terhadap orang lain, Memperkuat ikhsan iman Islam

    Ary Nugroho/x MIA a /05

    BalasHapus
  28. Emi N X MIA G/14
    Menurut saya setelah membaca artikel di atas kita perlu bersaudara dengan sesama umat muslim karena pasti setiap umat membutuhkan pertolongan antar sesama karena kita seiman dengannya dan kita sama-sama memiliki tujuan yang sama di muka bumi ini, tujuan itu adalah mengabdikan diri kepada Allah, menyembah kepada Allah dan juga memperjuangkan agama ini sampai nanti kita meninggal dunia. Tetapi tidak hanya menganggap mereka yang muslim tapi juga menggangap mereka yang berbeda agama dengan kita sebagai saudara, sesama umat manusia ataupun sesama makhluk sosial kita semua pasti akan mebutuhkan bantuan satu sama lain. Sekian dan terimakasih

    BalasHapus