Michael Foucault adalah filosof dan pakar sosiolog dari perancis yang
lahir pada 1926-1984. Spesifiknya Michael Foucault adalah ahli sosiologi tubuh
dan ahli teori post structural. Versi post-struktural Falcault biasanya disebut
teori wacana. Karya-karyanya yang berkaitan erat dengan teori post-struktural
untuk menjelaskan bahwa sosial dan budaya berpengaruh dalam mendefinisikan
tubuh dengan karakter alamiah, universal, yang tergantung pada waktu dan
tempat. (hal 172)
Sosiologi Foucault tentang tubuh memusatkan
perhatian pada cara dimana definisi kebudayaan mengenai perilaku normal dan
tidak normal mengatur gagasan manusia mengenai mengenai tubuh mereka dan apa
yang menurut mereka harus dilakukan dan apa yang tidak harus dilakukan.
Selanjutnya ia yakin bahwa kita dapat menjadikan masuk akal kehadiran berbagai
aturan sosial pada waktu dan tempat yang berbeda-beda dengan mamahami
konteks-konteksi sosial dan historis di mana berbagai macam masyarakat berada.
Ia secara khusus tertarik pada bagaimana dan mengapa dalam masyarakat modern,
tubuh perlu dikelola dan diatur, yang pada masa pra-modernitas tidak perlu.
(hal 172)
Menurut
Faucault, aspek masyarakat yang paling signifikan untuk menjadi modern
adalah dengan cara di mana bentuk-bentuk pengetahuan baru. –bukan bentuk
ekonomi kapitais (marx), bukan bentuk baru solidaritas (Durkheim), atau hasil
pengejewantahan tindakan tindakan rasional (Weber)-. Baginya inilah wacana baru
yang mendefinisikan kehidupan modern. ((hal 173)
Teori wacana menyatakan bahwa kita
memperoleh pengetahuan melalui cara yang sama dengan kita memperoleh bahasa.
Ini adalah penggunaan kekuasaan untuk membangun kemampuan kita sebagai manusia,
dan memiliki pengetahuan yang kita butuhkan untuk melekatkan makna pada
pengalaman kita. (hal 174).
Bagi Faucault, melalui wacanalah yang
mendominasi suatu waktu dalam sejarah dan suatu tempat di dunia sehingga
manusia memiliki kerangka-fikir, atau pandangan dunia tertentu. Cara memandang
seperti itu disebut episteme. Jika anda ingin memahami perilaku manusia
pada tempat dan waktu tertentu, temukanlah wacana-wacana yang mendominasi di
situ. Kemudian jika anda ingin mengetahui mengapa wacana tertentu begitu
berkuasa, jadilah seperti arkeolog sosial.
Menurut Faucault, wacana yang paling
penting dalam modernitas adalah wacana yang mengatur tubuh sosial dan tubuh
individual. Kedokteran barat memberikan kepada kita contoh terbaik suatu bentuk
modern pengetahuan yang menerapkan baik kekuasaan bio maupun kekuasaan anatami
cukup besar. (hal 175)
Kata Foucalut, anda hanya perlu menyadari
seberapa jauh kita sebagai manusia modern tunduk kepada kekuasaan definisi
medis mengenai normal dan menyimpang- yakni seberapa jauh kita memperhatikan
kesehatan tubuh kita. Menurut Faucalut kekuasaan sehat dan sakit dalam
kehidupan kita analog dengan kekuasaan konsep baik dan buruk dalam kehidupan
masyrakat manusia pra-modern. Maka ia menguraikan pergeseran dari dominasi
agama pada masa pra-modernitas sebagai munculnya kekuasaan Medis atau kekuasaan
klinik. (hal 176).
Menurut Faocalt, kebijakan kekuasaan dalam
ranah medis dalm konteks modernitas juga dapat dilihat dalam medikalisasi
kehidupan modern di mana-mana. Istilah ini merujuk kepada cara di mana ciri dan
fungsi universal keberadaan manusia disesuaikan dan dikendalikan oleh medis.
Medikalisasi anak, pewrkawinan, gangguan jiwa, dan kematian.
Faucault menghubungkan munculnya kekuasaan
bio-medis dalam modernitas dengan kebutuhan akan bentuk karakteristik dari
produksi-kapitalisme. Agar produksi industry dan komoditas efektif, tubuh harus
secara terpercaya ditempatkan dalam proses produksi. Tidak heran jika
masyarakat kapitalis modernis gencar mempromosikan tubuh yang sehat dengan
melakukan diet, berolahraga, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan
minuman keras muncul mengatur dan medisiplinkan penduduk. Dalam modernitas
sebaliknya aturan-aturan medis berpusat pada kini dan di sini, yang menekankan
pentingnya “merawat” seseorang secara fisik agar memperoleh keuntungan /
manfaat maksimal fari kehidupan di muka bumi ini.
Kehidupan yang baik/ bahagia bukan lagi
kaitannya keyakinan spiritual namun lebih pada pemilikan fisik / medis,
menghindari sakit seraya mengiklankan fakta sehat itu sendiri. Bagaimana tubuh
ditampilkan dihadapan orang lain menimbulkan implikasi baru yang besar dan
penting bagi konsumsi dan produksi. Produk yang berpusat pada tubuh membanjiri
pasar, iklan dimana-mana, dan orang berbondong-bondong ingin memilikinya.
Hingga merembet ke narsisme, dengan fashion jenis pakain yang semakin glamour.
Selain itu merembet ke kosmetik, parfum, bedak, kondisioner, dan tata rias lain
menghiasi meja dan lemari. Semakin modrrn dengan adanya operasi plastic, bayi
tabung, dll.
Pendekatan Faucault meski mengakui sebagian
relevansi dari analisis-analisis tersebut, lebih suka memandangnya sebagai
akibat penetrasi regulasi wacana yang berpusat pada tubuh yang secara
fundamental tidak dapat dihindari ke dalam keterbatasan kehidupan manusia masa kini. Hal ini dapat ditelusurike
belakang yakni munculnya medisin yang berpusat pada tubuh yang landasan
kemunculannya adalah kebutuhan modernitas.
0 komentar:
Posting Komentar