MICHAEL FOULCAULT; TEORI WACANA DAN MODERNITAS YANG BERPUSAT PADA TUBUH


Michael Foucault adalah filosof dan pakar sosiolog dari perancis yang lahir pada 1926-1984. Spesifiknya Michael Foucault adalah ahli sosiologi tubuh dan ahli teori post structural. Versi post-struktural Falcault biasanya disebut teori wacana. Karya-karyanya yang berkaitan erat dengan teori post-struktural untuk menjelaskan bahwa sosial dan budaya berpengaruh dalam mendefinisikan tubuh dengan karakter alamiah, universal, yang tergantung pada waktu dan tempat. (hal 172)
Sosiologi Foucault tentang tubuh memusatkan perhatian pada cara dimana definisi kebudayaan mengenai perilaku normal dan tidak normal mengatur gagasan manusia mengenai mengenai tubuh mereka dan apa yang menurut mereka harus dilakukan dan apa yang tidak harus dilakukan. Selanjutnya ia yakin bahwa kita dapat menjadikan masuk akal kehadiran berbagai aturan sosial pada waktu dan tempat yang berbeda-beda dengan mamahami konteks-konteksi sosial dan historis di mana berbagai macam masyarakat berada. Ia secara khusus tertarik pada bagaimana dan mengapa dalam masyarakat modern, tubuh perlu dikelola dan diatur, yang pada masa pra-modernitas tidak perlu. (hal 172)
Menurut  Faucault, aspek masyarakat yang paling signifikan untuk menjadi modern adalah dengan cara di mana bentuk-bentuk pengetahuan baru. –bukan bentuk ekonomi kapitais (marx), bukan bentuk baru solidaritas (Durkheim), atau hasil pengejewantahan tindakan tindakan rasional (Weber)-. Baginya inilah wacana baru yang mendefinisikan kehidupan modern. ((hal 173)
Teori wacana menyatakan bahwa kita memperoleh pengetahuan melalui cara yang sama dengan kita memperoleh bahasa. Ini adalah penggunaan kekuasaan untuk membangun kemampuan kita sebagai manusia, dan memiliki pengetahuan yang kita butuhkan untuk melekatkan makna pada pengalaman kita. (hal 174).
Bagi Faucault, melalui wacanalah yang mendominasi suatu waktu dalam sejarah dan suatu tempat di dunia sehingga manusia memiliki kerangka-fikir, atau pandangan dunia tertentu. Cara memandang seperti itu disebut episteme. Jika anda ingin memahami perilaku manusia pada tempat dan waktu tertentu, temukanlah wacana-wacana yang mendominasi di situ. Kemudian jika anda ingin mengetahui mengapa wacana tertentu begitu berkuasa, jadilah seperti arkeolog sosial.
Menurut Faucault, wacana yang paling penting dalam modernitas adalah wacana yang mengatur tubuh sosial dan tubuh individual. Kedokteran barat memberikan kepada kita contoh terbaik suatu bentuk modern pengetahuan yang menerapkan baik kekuasaan bio maupun kekuasaan anatami cukup besar. (hal 175)
Kata Foucalut, anda hanya perlu menyadari seberapa jauh kita sebagai manusia modern tunduk kepada kekuasaan definisi medis mengenai normal dan menyimpang- yakni seberapa jauh kita memperhatikan kesehatan tubuh kita. Menurut Faucalut kekuasaan sehat dan sakit dalam kehidupan kita analog dengan kekuasaan konsep baik dan buruk dalam kehidupan masyrakat manusia pra-modern. Maka ia menguraikan pergeseran dari dominasi agama pada masa pra-modernitas sebagai munculnya kekuasaan Medis atau kekuasaan klinik. (hal 176).
Menurut Faocalt, kebijakan kekuasaan dalam ranah medis dalm konteks modernitas juga dapat dilihat dalam medikalisasi kehidupan modern di mana-mana. Istilah ini merujuk kepada cara di mana ciri dan fungsi universal keberadaan manusia disesuaikan dan dikendalikan oleh medis. Medikalisasi anak, pewrkawinan, gangguan jiwa, dan kematian.
Faucault menghubungkan munculnya kekuasaan bio-medis dalam modernitas dengan kebutuhan akan bentuk karakteristik dari produksi-kapitalisme. Agar produksi industry dan komoditas efektif, tubuh harus secara terpercaya ditempatkan dalam proses produksi. Tidak heran jika masyarakat kapitalis modernis gencar mempromosikan tubuh yang sehat dengan melakukan diet, berolahraga, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minuman keras muncul mengatur dan medisiplinkan penduduk. Dalam modernitas sebaliknya aturan-aturan medis berpusat pada kini dan di sini, yang menekankan pentingnya “merawat” seseorang secara fisik agar memperoleh keuntungan / manfaat maksimal fari kehidupan di muka bumi ini.
Kehidupan yang baik/ bahagia bukan lagi kaitannya keyakinan spiritual namun lebih pada pemilikan fisik / medis, menghindari sakit seraya mengiklankan fakta sehat itu sendiri. Bagaimana tubuh ditampilkan dihadapan orang lain menimbulkan implikasi baru yang besar dan penting bagi konsumsi dan produksi. Produk yang berpusat pada tubuh membanjiri pasar, iklan dimana-mana, dan orang berbondong-bondong ingin memilikinya. Hingga merembet ke narsisme, dengan fashion jenis pakain yang semakin glamour. Selain itu merembet ke kosmetik, parfum, bedak, kondisioner, dan tata rias lain menghiasi meja dan lemari. Semakin modrrn dengan adanya operasi plastic, bayi tabung, dll.

Pendekatan Faucault meski mengakui sebagian relevansi dari analisis-analisis tersebut, lebih suka memandangnya sebagai akibat penetrasi regulasi wacana yang berpusat pada tubuh yang secara fundamental tidak dapat dihindari ke dalam keterbatasan kehidupan  manusia masa kini. Hal ini dapat ditelusurike belakang yakni munculnya medisin yang berpusat pada tubuh yang landasan kemunculannya adalah kebutuhan modernitas.

0 komentar:

Posting Komentar