BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam proses pembelajaran disekolah, guru sangat
membutuhkan beberapa refrensi model maupun metode pembelajaran untuk variasi
pembelajaran, agar suasana belajar lebih inovasi dan disesuaikan dengan materi
ajar yang ingin disampaikan. Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi
pengetahuan secara aktif) merupakan strategi pembelajaran yang dapat membuat
peserta didik aktif sejak dini, yaitu dengan melibatkan peserta didik dalam
belajar dengan segera. Peserta didik dilibatkan secara langsung pada materi
pelajaran untuk membangun minat, memunculkan keingintahuan, merangsang
berpikir, serta membentuk kejasama tim dalam menyelesai kan masalah.
Strategi ini adalah
sebuah cara yang bagus untuk menarik para peserta didik dengan segera kepada
materi pelajaran anda. Anda dapat menggunakannya untuk mengukur tingkat
pengetahuan para pesrta didik selagi, pada saat yang sama, melakukan beberapa
bangunan tim. Strategi tersebut bekerja dengan beberapa pelajaran dan dengan
beberapa materi pelajaran.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa itu strategi active knowledge sharing?
2.
Apa saja langkah-langkah atau prosedur strategi active
knowledge sharing?
3.
Apa kelebihan dan kelemahan dari strategi active
knowledge sharing?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Definisi Strategi Active
knowledge sharing
Menurut Zaini active knowledge
sharing (berbagi pengetahuan aktif) adalah salah satu strategi
yang dapat membawa siswa untuk siap belajar materi pelajaran dengan cepat serta
dapat digunakan untuk melihat tingkat kemampuan siswa untuk membentuk kerja
sama tim.
Silberman mengatakan bahwa
stategi ini merupakan cara yang bagus untuk mengenalkan siswa kepada
materi pelajaran yang guru ajarkan. Guru juga dapat menggunakannya untuk
menilai tingkat pengetahuan siswa sembari melakukan kegiatan pembentukan tim.
Active Knoeledge Sharing merupakan strategi yang
menekankan siswa untuk saling berbagi dan membantu dalam menyelesaikan
pertanyaan yang diberikan. Atau dengan kata lain, “ ketika ada siswa yang tidak
mampu menjawab pertanyaan atau kesulitan menjawab, maka siswa lain yang mampu
menjawab pertanyaan dapat membantu temannya untuk menyelesaikan pertanyaan yang
diberikan”.
Active knowledge sharing dapat membentuk siswa dalam
kerja sama tim dalam diskusi (bertukar pengetahuan) dan dapat membuat siswa
siap materi terlebih dahulu karena sebelum materi di ajarkan siswa diberikan
pertanyaan terlebih dulu yang berkaitan dengan materi. Active knowledge
sharing dapat melibatkan siswa secara aktif, dimana mereka dalam
kelompoknya dapat berdiskusi.
Jadi active knowledge
sharing merupakan strategi belajar aktif yang mendorong siswa aktif
berbagi informasi dan pengetahuan kepada teman yang tidak bisa
menyelesaikan soalnya dan sesi akhirnya gurumenyampaikan topik-topik yang
penting dari hasil pengerjaan siswa dalam berbagi pengetahuan pada
mata pelajaran tersebut.
B. Langkah–Langkah
Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing
1.
Siapkan
sebuah daftar pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan anda
ajarkan. Anda dapat menyertakan beberapa atau semua dari berbagai kategori
berikut ini:
a.
Kata-kata
yang harus didefinisikan (misalnya, “ Apa makna Ambivalen?”)
b.
Pertanyaan-pertanyaan
plihan ganda mengenai fakta-fakta atau knsep-konsep (misalnya, “Sebuah tes
psikologi valid/sah jika tes itu (a) mengukur sebuah sifat secara konsisten
dengan waktu yang lama dan (b) mengukur isi yang harus diukur.”)[1]
c.
Orang-orang
yang harus dikenali (misalnya, “Siapa George Wasington Carver itu?”)
d.
Pertanyaan-pertanyaan
mengenai aksi-aksi yang dapat diambil seseorang dalam situasi-situasi tertentu
(misalnya, “Bagaimana anda mendaftar untuk dipilih?”)
e.
Kalimat-kalimat
yang tidak lengkap (misalnya, “A___ mengidentifikasi kategori-kategori tugas
dasar yang dapat anda tunjukkan dengan sebuah progam computer”)
Sebagai
contoh, seorang guru sejarah dapat memulai suatu pelajaran tentang abad ke-20
dengan membagi bagikan kuis berikut ini: Apa yang terjadi pada tahun-tahun
berikut ini: 1918,1929, 1945?
a.
Indentifikasilah
hal-hal berikut ini:
Mussolini
Chamberlain
Trostky
Mao
Mc Carthy
b.
Menurut
anda apa peristiwa terpenting pada abad ke-20?
c.
Mintalah
peserta didik menjawab berbagai pertanyaan yang mereka bisa.
d.
Kemudian,
ajaklah mereka berkeliling ruangan, dengan mencari peserta didik lain yang
dapat menjawab berbagai pertanyaan yang tidak mereka ketahui bagaimana
menjawabnya. Doronglah peserta didik untuk saling membantu sama lain.
e.
Kumpulkan
kembali seisi kelas dan ulaslah jawaban-jawabannya. Isilah jawaban-jawaban yang
tidak diketahui dari beberapa peserta didik. Gunakan informasi itu sebagai
jalan memperkenlakan topik-topik penting di kelas tersebut.[2]
C. Kelebihan dan Kekurangan
Strategi Active Knowledge Sharing
Sebagai salah satu dari
berbagai banyaknya strategi belajar aktif. Active knowledge sharing juga
terdapat kekurangan. Namun kekurangan strategi belajar active knowledge
sharing semata-mata hanya suatu kekhawatiran. Kekhawatiran
itu meliputi kondisi saat pembelajaran yang bisa berubah dari yang
semestinya. Misalnya kegiatan belajarnya hanya merupakan kumpulan"
kegembiraan dan permainan", berfokus pada aktivitas itu sendiri
sampai-sampai siswa tidak memahami apa yang siswa pelajari, serta proses
pembelajarannya menyita banyak waktu. Namun semua kekhawatiran itu bisa
ditanggulangi dengan persiapan yang matang.
Strategi belajar active
knowledge sharing juga memiliki kelebihan. Seperti yang dinyatakan
oleh Silberman, ia menambahkan keunggulan strategi belajar ini adalah siswa
dapat meminta bantuan siswa yang lain untuk membantu menjawab pertanyaan yang
tidak bisa dijawab dan bisa divariasikan dengan pemberian kartu indeks pada
tiap siswa untuk menuliskan informasi baru dari materi yang telah dipelajari.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Strategi Active
Knoeledge Sharing merupakan
cara yang bagus untuk mengenalkan siswa kepada materi pelajaran yang guru
ajarkan. Guru juga dapat menggunakannya untuk menilai tingkat pengetahuan siswa
sembari melakukan kegiatan pembentukan tim.
Active Knoeledge Sharing juga merupakan strategi yang menekankan
siswa untuk saling berbagi dan membantu dalam menyelesaikan pertanyaan yang
diberikan. Atau dengan kata lain, “ketika ada siswa yang tidak mampu menjawab
pertanyaan atau kesulitan menjawab, maka siswa lain yang mampu menjawab
pertanyaan dapat membantu temannya untuk menyelesaikan pertanyaan yang
diberikan”.
Jadi active knowledge
sharing merupakan strategi belajar aktif yang mendorong siswa aktif
berbagi informasi dan pengetahuan kepada teman yang tidak bisa
menyelesaikan soalnya dan sesi akhirnya gurumenyampaikan topik-topik yang
penting dari hasil pengerjaan siswa dalam berbagi pengetahuan pada
mata pelajaran tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Silberman, Mel. 1996. Active Learning 101 strategi Pembelajaran
Aktif. Needham Hieght: Allyn Bacon.
Hamruni, H. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran aktif
menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
0 komentar:
Posting Komentar