STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF)

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Dalam proses pembelajaran disekolah, guru sangat membutuhkan beberapa refrensi model maupun metode pembelajaran untuk variasi pembelajaran, agar suasana belajar lebih inovasi dan disesuaikan dengan materi ajar yang ingin disampaikan. Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) merupakan strategi pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif sejak dini, yaitu dengan melibatkan peserta didik dalam belajar dengan segera. Peserta didik dilibatkan secara langsung pada materi pelajaran untuk membangun minat, memunculkan keingintahuan, merangsang berpikir, serta membentuk kejasama tim dalam menyelesai kan masalah.
Strategi ini adalah sebuah cara yang bagus untuk menarik para peserta didik dengan segera kepada materi pelajaran anda. Anda dapat menggunakannya untuk mengukur tingkat pengetahuan para pesrta didik selagi, pada saat yang sama, melakukan beberapa bangunan tim. Strategi tersebut bekerja dengan beberapa pelajaran dan dengan beberapa materi pelajaran.

B.  Rumusan Masalah
1.    Apa itu strategi active knowledge sharing?
2.    Apa saja langkah-langkah atau prosedur strategi active knowledge sharing?
3.    Apa kelebihan dan kelemahan dari strategi active knowledge sharing?




BAB II
PEMBAHASAN

A.  Definisi  Strategi Active knowledge sharing
Menurut Zaini active knowledge sharing (berbagi pengetahuan aktif) adalah salah satu strategi yang dapat membawa siswa untuk siap belajar materi pelajaran dengan cepat serta dapat digunakan untuk melihat tingkat kemampuan siswa untuk membentuk kerja sama tim.
Silberman mengatakan bahwa stategi ini merupakan cara yang bagus untuk mengenalkan siswa kepada materi pelajaran yang guru ajarkan. Guru juga dapat menggunakannya untuk menilai tingkat pengetahuan siswa sembari melakukan kegiatan pembentukan tim.
Active Knoeledge Sharing merupakan strategi yang menekankan siswa untuk saling berbagi dan membantu dalam menyelesaikan pertanyaan yang diberikan. Atau dengan kata lain, “ ketika ada siswa yang tidak mampu menjawab pertanyaan atau kesulitan menjawab, maka siswa lain yang mampu menjawab pertanyaan dapat membantu temannya untuk menyelesaikan pertanyaan yang diberikan”.
Active knowledge sharing dapat membentuk siswa dalam kerja sama tim dalam diskusi (bertukar pengetahuan) dan dapat membuat siswa siap materi terlebih dahulu karena sebelum materi di ajarkan siswa diberikan pertanyaan terlebih dulu yang berkaitan dengan materi. Active knowledge sharing dapat melibatkan siswa secara aktif, dimana mereka dalam kelompoknya dapat berdiskusi.
Jadi active knowledge sharing merupakan strategi belajar aktif yang mendorong siswa aktif berbagi informasi dan pengetahuan kepada teman yang tidak bisa menyelesaikan soalnya dan sesi akhirnya gurumenyampaikan topik-topik yang penting dari hasil pengerjaan  siswa dalam berbagi pengetahuan pada mata pelajaran tersebut.


B.  Langkah–Langkah Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing
1.    Siapkan sebuah daftar pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan anda ajarkan. Anda dapat menyertakan beberapa atau semua dari berbagai kategori berikut ini:
a.    Kata-kata yang harus didefinisikan (misalnya, “ Apa makna Ambivalen?”)
b.    Pertanyaan-pertanyaan plihan ganda mengenai fakta-fakta atau knsep-konsep (misalnya, “Sebuah tes psikologi valid/sah jika tes itu (a) mengukur sebuah sifat secara konsisten dengan waktu yang lama dan (b) mengukur isi yang harus diukur.”)[1]
c.    Orang-orang yang harus dikenali (misalnya, “Siapa George Wasington Carver itu?”)
d.   Pertanyaan-pertanyaan mengenai aksi-aksi yang dapat diambil seseorang dalam situasi-situasi tertentu (misalnya, “Bagaimana anda mendaftar untuk dipilih?”)
e.    Kalimat-kalimat yang tidak lengkap (misalnya, “A___ mengidentifikasi kategori-kategori tugas dasar yang dapat anda tunjukkan dengan sebuah progam computer”)
Sebagai contoh, seorang guru sejarah dapat memulai suatu pelajaran tentang abad ke-20 dengan membagi bagikan kuis berikut ini: Apa yang terjadi pada tahun-tahun berikut ini: 1918,1929, 1945?
a.    Indentifikasilah hal-hal berikut ini:
Mussolini
Chamberlain
Trostky
Mao
Mc Carthy
b.    Menurut anda apa peristiwa terpenting pada abad ke-20?
c.    Mintalah peserta didik menjawab berbagai pertanyaan yang mereka bisa.
d.   Kemudian, ajaklah mereka berkeliling ruangan, dengan mencari peserta didik lain yang dapat menjawab berbagai pertanyaan yang tidak mereka ketahui bagaimana menjawabnya. Doronglah peserta didik untuk saling membantu sama lain.
e.    Kumpulkan kembali seisi kelas dan ulaslah jawaban-jawabannya. Isilah jawaban-jawaban yang tidak diketahui dari beberapa peserta didik. Gunakan informasi itu sebagai jalan memperkenlakan topik-topik penting di kelas tersebut.[2]

C.  Kelebihan dan Kekurangan Strategi Active Knowledge Sharing
Sebagai salah satu dari berbagai banyaknya strategi belajar aktif. Active knowledge sharing juga terdapat kekurangan. Namun kekurangan strategi belajar active knowledge sharing semata-mata hanya suatu kekhawatiran. Kekhawatiran itu meliputi kondisi saat pembelajaran yang bisa berubah dari yang semestinya. Misalnya kegiatan belajarnya hanya merupakan kumpulan" kegembiraan dan permainan", berfokus pada aktivitas itu sendiri sampai-sampai siswa tidak memahami apa yang siswa pelajari, serta proses pembelajarannya menyita banyak waktu. Namun semua kekhawatiran itu bisa ditanggulangi dengan persiapan yang matang.
Strategi belajar  active knowledge sharing juga memiliki kelebihan. Seperti yang dinyatakan oleh Silberman, ia menambahkan keunggulan strategi belajar ini adalah siswa dapat meminta bantuan siswa yang lain untuk membantu menjawab pertanyaan yang tidak bisa dijawab dan bisa divariasikan dengan pemberian kartu indeks pada tiap siswa  untuk menuliskan informasi baru dari materi yang telah dipelajari.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Strategi Active Knoeledge Sharing merupakan cara yang bagus untuk mengenalkan siswa kepada materi pelajaran yang guru ajarkan. Guru juga dapat menggunakannya untuk menilai tingkat pengetahuan siswa sembari melakukan kegiatan pembentukan tim.
Active Knoeledge Sharing juga merupakan strategi yang menekankan siswa untuk saling berbagi dan membantu dalam menyelesaikan pertanyaan yang diberikan. Atau dengan kata lain, “ketika ada siswa yang tidak mampu menjawab pertanyaan atau kesulitan menjawab, maka siswa lain yang mampu menjawab pertanyaan dapat membantu temannya untuk menyelesaikan pertanyaan yang diberikan”.
Jadi active knowledge sharing merupakan strategi belajar aktif yang mendorong siswa aktif berbagi informasi dan pengetahuan kepada teman yang tidak bisa menyelesaikan soalnya dan sesi akhirnya gurumenyampaikan topik-topik yang penting dari hasil pengerjaan  siswa dalam berbagi pengetahuan pada mata pelajaran tersebut.


DAFTAR PUSTAKA
Silberman, Mel. 1996. Active Learning 101 strategi Pembelajaran Aktif. Needham Hieght: Allyn Bacon.
Hamruni, H. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran aktif menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.




[1] H. Hamruni, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, (Fakultas Tarbiyah UIN sunan kalijaga, Yogyakarta: 2002), hlm, 265.
[2] Mel Silberman, Active Learning 101 Strategi pembelajaran Aktif, (Needham Hieght: 1996), hlm, 82. 

0 komentar:

Posting Komentar