Konflik dan Kesenjangan Sosial



Setiap terjadi konflik, selalu saja oleh para pengamat disimpulkan bahwa hal itu disebabkan oleh adanya kesenjangan. Seolah-olah kesenjangan memang benar-benar menjadi sebab setiap terjadi konflik. Selain itu, pihak yang dipersalahkan adalah pemerintah. Dianggap bahwa,  pemerintah  belum mampu mengurangi  jarak kesenjangan itu, hingga  mengakibatkan konflik terjadi di mana-mana. Tidak terkecuali adalah peristiwa kerusuhan yang menimpa kelompok syi’ah di Sampang akhir-akhir ini.

Kesenjangan rupanya sudah menjadi  sunatullah.  Di dunia ini selalu saja ada orang pintar dan orang kurang pintar, ada  orang kuat ada pula yang lemah, ada yang kaya dan ada yang miskin, dan bahkan ada yang baik dan selalu saja ada orang yang kurang baik. Kedua  masing-masing jenis itu selalu ditampakkan oleh Dzat Yang Maha Pencipta.  Begitu pula, ada konflik dan ada pula di antara orang-orang yang saling berbagi kasih sayang. Bahkan juga ada yang selalu sehat dan sebaliknya, ada yang selalu sakit-sakitan.

Kita semua menghendaki agar di tengah-tengah masyarakat selalu terjadi kedamaian, tidak ada kesenjangan, tidak ada yang miskin, semua saling kasih mengasihi, dan semua sehat. Boleh-boleh saja keinginan itu muncul. Akan tetapi  cita-cita mulia seperti itu ternyata tidak pernah terwujud. Keadaaan indah seperti itu, hanya ada pada dunia ide atau  bayang-bayang pada setiap orang.

Tuhan menciptakan kehidupan ini dalam keadaan berbeda-beda sebagaiomana dikemukakan di muka. Atas dasar perbedaan itu maka muncul pula  proses-proses sosial. Di masyarakat terjadi saling konflik, kompetisi, berintegrasi,  dan yang satu mengkooptasi yang lain. Demikian pula di antara  menghegeminik, saling menguasai, dan bahkan menjajah dan memeras. Hal-hal seperti itu adalah bersifat alami atau disebut sebagai sunnatullah.    

Atas dasar kenyataan seperti itu, manusia lewat pemimpinnya,  ditantang untuk mengelola kehidupan sosial sebaik-baiknya. Manakala tidak ada proses-proses sosial itu, maka tidak akan terjadi dinamika sosial. Masyarakat akan mandek dan mungkin menjemukan. Sebagai contoh, manakala tidak ada orang sakit, maka orang tidak terinspirasi mendirikan rumah sakit, tidak ada orang belajar tentang kesehatan hingga menjadi dokter. Manakala tidak ada kejahatan,  maka  tidak akan perlu  polisi, manakala tidak ada perang maka juga tidak dibutuhkan tentara, dan seterusnya. Semua itu ada,  ternyata oleh karena memiliki fungsi-fungsi sosial dalam kehidupan ini.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah konflik sebagai bagian dari proses-prtoses sosial itu selalu saja disebabkan oleh kesenjangan. Kita lihat saja bukti-bukti berikut. Di kota-kota besar,  kita saksikan  gedung-gedung bertingkat menjulang tinggi, namun di sebalahnya juga terdapat gubug-gubug reot beratapkan plastik atau  seng,  dan berdinding seadanya. Ada orang yang setiap bulan berpenghasilan ratusan juga rupiah, tetapi sebaliknya ada orang yang berpendapatan puluhan ribu rupiah saja. Ada yang memiliki beberapa mobil mewah tetapi juga ada yang sekedar sepeda ontel saja tidak mempunyai, dan seterusnya.

Kesenjangan yang sedemikian jauh itu  telah terjadi di mana-mana, tetapi ternyata kehidupan tetap berjalan. Padahal yang kaya belum tentu  peduli pada yang miskin, yang pintar juga kadang justru memanfaatkan yang bodoh, dan bahkan ada pihak-pihak tertentu justru   menjadi untung oleh karena ada orang sakit. Keadaan sem ua itu secara umum diterima oleh masyarakat. Mereka menganggap bahwa hidup, rizki, untung dan rugi, kaya dan miskin itu semua ada yang mengatur. Mereka merasa  harus menerima atas pembagian oleh yang di atas, -------Tuhan. Atas kenyataan itu, mereka bekerja dan berusaha. Setiap  usaha  ada yang berhasil dan yang masih belum bernasib baik.   

Berangkat dari kenyataan itu, maka sebenarnya konflik tidak selalu  disebabkan oleh kesenjangan.  Di mana-mana banyak terjadi kesenjangan tetapi tidak selalu melahirkan konflik.   Masyarakat oleh Dzat Yang Maha Pencipta dibekali dengan kekuatan rasional. Berbekalkan kekuatan itu mereka akan memahami sebab musabab hingga keadaan yang harus diterimanya.  Misalnya, seseorang menjadi kaya oleh karena memiliki modal, warisan, cerdas, keuletan, rajin dan seterusnya,  sementara orang lain tidak beruntung,   tidak memiliki semua itu. 

Namun yang pasti, orang menjadi marah hingga mengakibatkan konflik atau kerusuhan manakala diperlakukan secara tidak adil. Semua orang rupanya menghendaki agar sesuatu berada pada tempatnya. Manakala tempat itu tidak tepat, maka selalu saja akan melahirkan kekecewaan,  dan itulah sebab konflik yang sebenarnya. Setiap orang merasa memiliki berbagai hak. Manakala hak-haknya itu diganggu sehingga rasa keadilan terampas,  maka di mana saja dan kapan saja akan  melawan. Rasa keadilan yang tidak terpenuhi itulah   sebenarnya  sebab utama terjadinya konflik dan bukan selalu kesenjangan. Oleh karena itu tepat,  Islam mengajarkan tentang keadilan. Keadilan harus ditegakkan pada tingkat manapun. Sebab tidak adil selalu  menjadi sebab utama terjadinya konflik. Wallahu a’lam

Imam Suprayogo

0 komentar:

Posting Komentar